Pengabdian Masyarakat di Sentra Industri oleh FK UMM

Jum'at, 06 Maret 2020 08:16 WIB

Pada hari Rabu, 4 Maret 2020 lalu, Dekan FK UMM, Dr. dr. Meddy Setiawan, Sp.PD, FINASIM melangsungkan kegiatan pengabdian masyarakat di Sentra Industri Sanitair Klaseman, Kelurahan Karangbesuki. Kegiatan ini merupakan kegiatan berkelanjutan yang akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, sesuai dengan visi misi FK UMM, yaitu sebagai dokter yang unggul di kedokteran industri dan Islami.

Kali ini kegiatan diisi dengan penyuluhan kesehatan dan keselamatan kerja di bidang penyakit saraf, THT, kulit dan kelamin, serta penyakit dalam. Acara ini diikuti pula oleh Ketua Bidang Pengabdian, dr. Diah Hermayanti, Sp.PK; Kepala Laboratorium Industri, dr. Rubayat Indradi, MOH; dr. Dwi Nurwulan Pravitasari, Sp.KK sebagai pemateri penyuluhan, laboran dan admin FK UMM, serta beberapa mahasiswa yang bertugas melakukan job safety analysis. Acara ini bertujuan agar pekerja memahami bahaya penyakit akibat kerja dan apa saja risiko yang dapat terjadi jika mereka tidak memperhatikan aspek keselamatan kerja.

“Adanya perubahan perilaku karyawan pabrik dapan menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kerja.” ujar dr. Meddy.

Dihadiri kurang lebih lima belas pekerja, kegiatan ini terbilang sukses. Selanjutnya kegiatan pengabdian masyarakat ini akan dilaksanakan di daerah peternakan, pabrik gula, pabrik keramik, dan lain-lain. (yna)

 

Shared: