Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang

Akreditasi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang

Author : Administrator | Senin, 18 Juni 2012 15:52 WIB
kunjungan asesor di RSP UMM

FKUMM telah terakreditasi dengan status akreditasi B pada tahun 2007 dan pada tahun 2012 ini FKUMM diwajibkan untuk melakukan akreditasi ulang. Akreditasi program studi dan fakultas dilakukan oleh BAN-PT . Akreditasi program studi/fakultas bertujuan untuk menilai dan memberikan jaminan mutu program dan satuan pendidikan tinggi (quality assessment and assurance).

 Langkah pertama yang dilakukan oleh FKUMM untuk melakukan quality assessment and assurance  dengan membuat evaluasi-diri. Evaluasi-diri yang dibuat oleh FKUMM sesuai dengan yang diminta oleh BAN-PT, hasil evaluasi-diri yang dibuat oleh program studi atau fakultas dapat digunakan  untuk memutakhirkan pangkalan data yang berupa profil yang komprehensif, perencanaan, strategi pengembangan dan perbaikan program studi/fakultas secara berkelanjutan, penjaminan mutu internal program studi/fakultas, dan untuk mempersiapkan evaluasi eksternal atau dilakukannya akreditasi. Hasil evaluasi-diri tersebut merupakan bahan untuk mengisi borang akreditasi atau menyusun portfolio akreditasi, serta dapat digunakan sebagai bahan yang disediakan pada saat dilakukan asesmen lapangan.

FKUMM sejak bulan September 2011 tahun yang lalu telah mengirimkan evaluasi diri program studi kedokteran, borang program studi dan borang fakultas pada BAN-PT DIKTI, dan pada bulan Mei 2012 telah dilakukan assesmen lapang oleh assesor yaitu Prof Dr Abdul Salam Sofro PhD dari Yarsi dan dr. Paramasari Dirgahayu PhD dari UNS. Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama silaturahmi dengan pimpinan Universitas maupun Fakultas, kunjungan ke Lab Anatomi dan RS Pendidikan UMM, hari kedua  pertemuan dengan taskforce akreditasi, dosen dan staf karyawan, mahasiswa dan alumni sedangkan hari ketiga kunjungan ke lab skills, OSCE, pemeriksaan bahan borang, dan diakhiri dengan evaluasi keseluruhan.

Dekan FKUMM dr Irma Susati, M.Kes menyampaikan bahwa dengan dilakukan akreditasi FKUMM dapat melihat kemampuan maupun kelemahan yang ada, sehingga FKUMM mampu membuat inovasi proses pembelajaran menjadi lebih baik sedangkan hal-hal yang baik selama ini tentunya perlu dipertahankan ketercapaiannya dan FKUMM berusaha untuk tidak lengah oleh karena FKUMM berkeinginan untuk mencapai yang terkemuka baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image