Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang

Aksi Solidaritas Dokter di FKUMM

Author : Administrator | Jum'at, 06 Desember 2013 09:37 WIB
Aksi solidaritas

AKSI SOLIDARITAS DOKTER DI FK UMM

Maraknya pemberitaan tentang dokter dipelayanan medis membuat sivitas akademika FKUMM juga ikut prihatin. Adanya kesenjangan yang cukup lebar antara pemberi pelayanan dan masyarakat serta tuntutan yang tinggi terhadap tenaga kesehatan membuat terjadinya aksi solidaritas dari dokter seluruh Indonesia. FKUMM juga menggelar aksi yang sama pada tanggal 27 Nopember 2013 dihalaman depan kampus II FKUMM. Aksi dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai yaitu jam 14.00 WIB.

Kegiatan solidaritas dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu Padamu Negeri,   pembacaan keprihatinan kriminalisasi dokter oleh dr. Kusuma Andriana SpOG, dan  doa bersama yang dipimpin oleh Dekan FKUMM dan diakhiri pembacaan Puisi oleh mahasiswa

Kriminalisasi dokter dirasakan karena kasus dr Ayu dan ketiga rekan semasa PPDS yang menjalankan pendidikan spesialis telah menjalankan sesuai prosedur dan telah dinyatakan bebas dilakukan banding di MA dinyatakan salah dan menerima sangsi kurungan 10 bulan penjara. Hal-hal yang menjadikan landasan MA menjatuhi sangsi, masih banyak hal ketidakcocokan antara kenyataan ranah medis dengan ranah hukum. Keterlibatan ahli atau pakar medis dan pakar hukum dalam memutuskan kasus belum dilaksanakan dengan baik sehingga muncul aksi solidaritas yang merupakan himbauan PB IDI pada dokter seluruh Indonesia.

Dekan FKUMM dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kasus ini merupakan pengalaman yang pahit bagi dokter, agar kejadian ini tidak menimpa pada generasi penerus maka selaku calon dokter harus mampu menyuarakan pendapat dan membuktikan pada masyarakat bahwa dokter tugasnya mulia, tidak ada dokter yang ingin menyengsarakan pasien, maupun membunuh pasien, sebab mati – hidup – sehat – sakit hanyalah milik Allah swt, bukan tangan dokter. Pesannya kepada mahasiswa untuk selalu belajar belajar dan belajar.

STOP KRIMINALISASI DOKTER

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image