FK UMM Tuan Rumah Munas VI BKSIKMIKKIKPFKI dan Konas V PDK3MI

Sabtu, 30 November 2019 13:48 WIB

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (FK UMM) terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Nasional VI BKS IKMIKKIKPFKI (Badan Kerja Sama Ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Kedokteran Komunitas, dan Ilmu Kedokteran Pencegahan Fakultas Kedokteran Indonesia) - Kongres Nasional V PDK3MI (Perhimpunan Dokter Kedokteran Komunitas dan Kesehatan Masyarakat Indonesia) dan Simposium Nasional Kesehatan Masyarakat yang digelar di Hotel Atria Malang. Acara ini berlangsung selama 2 hari pada tanggal 26-27 November 2019 dan diikuti oleh peserta dari 54 fakultas kedokteran seluruh Indonesia.

Musyawarah yang dibuka oleh Wakil Rektor I, Prof. dr. Syamsul Arifin, M.Si ini diawali dengan pemaparan tentang sejarah pembentukan PDK3MI dan BKSIKMIKKIKPFKI yang dibawakan oleh dr. Subur Prajitno, M.Kes, AKK, FISPH, FISCM. Acara dilanjutkan dengan laporang pertanggung jawaban baik dari BKSIKMIKKIKPFKI maupun PDK3MI masing-masing regional dan rekomendasi penyatuan kembali BKSIKMIKKIKPFKI dengan PDK3MI. Selanjutnya diadakan pemilihan ketua PP PDK3MI-BKSIKMIKKIKP melalui musyawarah dan dilanjutkan dengan voting. Di antara tiga kandidat yakni Dr. dr. Febri Endra Budi Setyawan, M. Kes (Regional 5, FK UMM), dr. Hari Peni Julianti, MKes., SpKFR., FISPH., FISCM. (Regional 4 FK Undip), dan dr. Trevino Aristarkus Pakasi, FS, MS, Ph.D, Sp.DLP, FISPH, FISCM (Regional 3, FK UI), terpilihlah Dr. dr. Febri dengan perolehan suara terbanyak yakni 74 suara dari total 134 suara. Acara berikutnya adalah sidang komisi secara panel membahas penyatuan kembali BKSIKMIKKIKPFKI dan PDK3MI, Komite Konvokasi, Pengembangan Organisasi, dan Penetapan Munas dan Konas berikutnya, program kerja termasuk kurikulum pendidikan S1, pengembangan pendidikan lanjut bidang IKM-IKK-IKP, serta rekomendasi dan usulan bidang IKM-IKK-IKP yang akan disampaikan kepada Pemerintah (Kemenkes dan Kemdikbud). Agenda padat hari pertama ditutup dengan pemaparan hasil sidang komisi tersebut.

          

Acara hari kedua dibuka oleh dekan FK UMM, Dr. dr. Meddy Setiawan, Sp.PD, FINASIM dan dimulai dengan Konvokasi Fellow FISPH-FISCM. Kemudian acara dilanjutkan dengan Simposium Nasional Kesehatan Masyarakat. Simposium ini dihadiri juga oleh staff dari Dinas Kesehatan Banjarmasin dan mahasiswa program profesi dokter angkatan 29. Terdapat tiga topik pada simposium tersebut, yaitu Promotif dan Preventif sebagai Tulang Punggung Pelayanan Komprehensif di Layanan Primer yang akan disampaikan oleh DR. Dr. Herqutanto, MPH, MARS, Sp.DLP dan dr Hari Peni Julianti MKes SpKFR FISPH FISCM, topik yang kedua yaitu Implementasi Holistik Komprehensif di Layanan Primer yang akan disampaikan oleh DR. Dr. Dhanasari Vidiawati Sanyoto, M.Sc., CM-FM., Sp.DLP, dan topik terakhir adalah Identifikasi Faktor Risiko dan Potensi Bahaya di Tempat Kerja yang akan disampaikan oleh dr. Linda Dewanti, M.Kes, M.HSc. Ph.D. Acara ditutup dengan pemaparan makalah bebas dari sebanyak 30 peserta yang terbagi menjadi tiga kelompok.

“Alhamdulillah FK UMM dipercaya oleh BKSIKMIKKIKPFKI dan PDK3MI untuk menyelenggarakan Munas dan Konas dan Alhamdulillah bisa mengemban amanah itu dengan baik.” ucap Dr. dr. Febri Endra Budi Setyawan, M.Kes selaku ketua pelaksana. (yna)

Reporter: Volks Medico, Dokumentasi: Obscura Medico

Shared: