FK-UMM Capai 92.75% Lulus Ujian UKMPPD pada Sumpah Dokter ke 37

Sabtu, 13 Oktober 2018 09:23 WIB

Sabtu, 13 Oktober 2018, Fakultas Kedokteran  Universitas Muhammadiyah Malang (FK UMM) menggelar acara Pelantikan dan Sumpah Dokter di Aula lantai 9 Gedung Kuliah Bersama (GKB) IV UMM.  Sumpah Dokter angkatan ke-37 ini meluluskan sebanyak 76 atau 92,75% dokter baru yang telah sukses melewati seluruh fase Pendidikan kedokteran, termasuk Uji Kompetensi Program Profesi Dokter (UKMPPD) baik Computer Based Test (CBT) maupun Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Angka kelulusan UKMPPD ini cukup jauh di atas rata-rata nasional dan saat ini FK UMM menduduki peringkat 11 dari 83 fakultas kedokteran negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

 

Pada kesempatan ini, diberikan penghargaan kepada dokter-dokter terbaik dalam tiga kategori. Yang pertama adalah dokter dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Program Studi Profesi Dokter terbaik, yaitu dr. Palmalina Anggita Indah Swasti dan dr. Saidah Rahmat A. dengan IPK 3.70. Kedua, dokter dengan nilai UKMPPD CBT terbaik, yaitu dr. Muchamad Fahmi Chisbullah dan dr. Nurcahyani dengan nilai 91.00. Ketiga, dokter dengan nilai UKMPPD OSCE terbaik, yaitu dr. Riska Wahyuniarti dan dr. Wisnu Syahputra Suryanullah dengan nilai 95.69.

Selain Pelantikan dan Sumpah Dokter, acara yang dihadiri oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si, ini dibarengi dengan Memorandum of Understanding (MoU) Tripartit antara FK UMM dengan RSU Haji Surabaya sebagai rumah sakit pendidikan utama dan RSUD Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan sebagai rumah sakit jejaring. Dan untuk mewujudkan visi misi FK UMM yaitu sebagai FK yang unggul di tingkat nasional dalam bidang kedokteran termasuk dalam bidang kedokteran industri, dilaksanakan pula MoU dengan Direktorat Bina Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemenakertrans RI).

  

Dalam sambutannya, Dekan FK UMM, Dr. dr. Meddy Setiawan, Sp.PD, FINASIM, menyampaikan rasa bangganya terhadap para dokter baru. Beliau berpesan agar para dokter baru menjadi dokter yang amanah dalam mengamalkan sumpah, selalu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, serta senantiasa meningkatkan ilmu dan ketrampilan kedokteran karena sejatinya menjadi seorang dokter harus belajar sepanjang hayat. Beliau juga menyampaikan harapan atas kemajuan FK UMM dengan adanya penambahan rumah sakit jejaring dan kerjasama dengan Direktorat K3.

                Selamat dan sukses bagi para dokter baru atas kelulusan yang telah diraih, selamat bagi para orang tua dan dosen pendidik yang telah berhasil menghantarkan dan mencetak lulusan dokter baru, sebagai kontribusi untuk kemajuan kesehatan Bangsa Indonesia. Selamat dan sukses pula untuk FK UMM atas kerjasama deng RSUD Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan dan Direktorat K3 Kemenakertrans RI.

Shared: