Integrasi Muatan Lokal FK_UMM KIK_I (Kedokteran Industri, Keluarga dan Islami) Dalam Kurikulum KBK

Selasa, 22 November 2011 10:24 WIB

Presentasi Ketua PIC dr Bahrudin SpS

peserta lokakarya

Program PHK_PKPD yang diperoleh FKUMM memberikan nilai yang positif bagi proses pembelajaran, baik kurikulum, sarana_prasarana, maupun peningkatan staf pendidik. Kurikulum berbasis kompetensi yangsudah dilaksanakan dalam proses pembelajaran  sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia, namun dalam KBK tersebut belum mengakomodir secara keseluruhan muatan lokal yang dikembangkan oleh FKUMM yang merupakan ciri khas FKUMM yaitu Kedokteran Industri, Keluarga dan Islami (KIK_I).

Hasil tracer study menunjukkan kompetensi dokter telah didapatkan sejak tahap akademik sampai tahap profesi, namun muatan lokal yang dikembangkan oleh FKUMM belum terimplementasi baik di tahap akademik maupun tahap profesi. Berdasarkan hasil tracer studyFKUMM melakukan re-design kurikulum yang lama dengan mengakomodir hasil tracer study dan menghadirkan konsultan ahli, konsultan ahli kedokteran keluarga dr. Dhanasari dari FK_UI, konsultan ahli kedokteran industri dr. Linda dari FK_UNAIR dan konsultan ahli KBK dr. Ova  dari FK_UGM.

Hasil mapping kurikulum disosialisasikan pada seluruh dosen melalui lokakarya(26/10) dengan tema ”Re-design blue-print  KBK KIK_I preklinik dan kepaniteraan klinik”. Lokakarya ini menghasilkan kesepakatan bersama seluruh dosen untuk meningkatkan proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi dokter sesuai stadar dan mendapat tambahan kompetensi lokal. Dekan FKUMM dr. Irma Suswati, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa FKUMM sejak berdiri sampai dengan sekarang telah melakukan evaluasi kurikulum selama tiga kali. FKUMM pertama kali berdiri tahun 2001 menggunakan kurikulum dengan standar KIPDI II (kurikulum inti pendidikan dokter Indonesia), tahun 2003 melakukan lokakarya kurikulum dengan mengintegrasikan beberapa mata kuliah secara partial, tahun 2006 melakukan lokakarya kurikulumsesuai SKDI dan KIPDI III dengan metode pembelajaran Problem based learning. Tahun 2011 lokakarya kurikulum untuk menyempurnakan kurikulum FKUMM yang mengakomodir kompetensi inti dan muatan local KBK KIK_I. Perubahan yang dilakukan merupakan komitmen FKUMM untuk berubah menjadi yang lebih baik lagi. Kegiatan lokakarya dilakukan mulai jam 08.00 sampai dengan 15.00

 

Shared: