Kerjasama FK UMM dengan Klinik Surya Medika Sumbawa

Senin, 30 Juli 2018 07:17 WIB

Dalam rangka mengamalkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian, FK UMM melangsungkan kerjasama dengan Klinik Surya Medika Sumbawa. Klinik di bawah pimpinan dr. Yogi yang merupakan alumni FK UMM angkatan 2006 ini sedang berkembang menjadi rumah sakit, dan saat ini sedang  mempersiapkan untuk pembukaan kamar operasi.

Pada Sabtu, 28 Juli 2018 lalu, Dekan DR. dr. Meddy Setiawan, Sp.PD, FINASIM, beserta beberapa dosen FK UMM, dr. Moch. Ma’roef Sp.OG; dr. Sri Adilla Nurainiwati, Sp.KK; dr. Ruby Riana Asparini, Sp.BP; dan dr. Gita Sekar Prihanti, Mpd.Ked;  mengawali kerjasama tersebut dengan mengadakan Seminar tentang Diabetes Mellitus (DM) dan permasalahannya. Permasalahan yang dibahas khususnya mengenai komplikasi kronis, seperti kaki diabetes, DM gestasional, dan  DM retinopati. Tak hanya komplikasi, pada seminar tersebut juga dibahas mengenai terapi gizi pada pasien DM. Pada seminar ini dilibatkan juga dosen dari FIKES UMM, yakni Bapak Zaki, yang menyampaikan materi tentang asuhan keperawatan kaki diabetes. Dilibatkan pula dokter dari Klinik Surya Medika Sumbawa, dr. Asri, yang menyampaikan DM retinopati.

  

Kerjasama ini akan dilaksanakan secara periodik dan berkelanjutan setiap enam bulan sekali. Kerjasama ini juga terintegrasi dengan FIKES UMM. Setelah kegiatan seminar, akan dirintis Cleft Lip Palate (CLP) Center di bawah komando dr. Ruby Riana Asparini, Sp.BP di Klinik Surya Medika Sumbawa. CLP Center nantinya akan melangsungkan operasi bibir sumbing gratis secara berkala enam bulan sekali. Operasi bibir sumbing gratis yang pertama akan dilaksanakan pada saat peresmian kamar operasi di Klinik Surya Medika Sumbawa.

Kerjasama ini menguntungkan bagi kedua belah pihak. Bagi Klinik Surya Medika Sumbawa sebagai tambahan ilmu untuk paramedis setempat, mengingat di daerah Sumbawa jarang diadakan acara ilmiah, khususnya di bidang kesehatan. Selain itu sebagai sarana untuk memenuhi syarat izin praktik yang membutuhkan SKP yang bisa didapat melalui seminar tersebut.

“Kami juga diuntungkan karena kerjasama ini menjadi sarana untuk pengabdian dosen-dosen di FK UMM.” tutup dr. Meddy. (yna)

Shared: