KUNJUNGAN DEKAN UMI MAKASAR KE FK UMM

Rabu, 08 Agustus 2012 09:15 WIB

Kunjungan UMI Makasar.

Dekan dan PD III UMI Makasar berkunjung ke FK UMM. Kunjungan yang dilakukan oleh dekan UMI Makasar merupakan kunjungan yang ke 4 dari FK-FK muslim yang dijadikan tempat untuk sharing pengalaman bersama, mulai dari Jakarta, Yogjakarta sampai dengan Malang. FK UMI Makasar yang sudah berdiri lebih lama daripada FK UMM, namun kegiatan pada tahap profesi atau Kepaniteraan Klinik masih belum mandiri, masih bergabung dengan FK Unhas, untuk itu kunjungan yang dilakukan untuk mengetahui sistem Kepaniteraan Klinik yang dijalani oleh FKUMM.

FKUMM pada tahap profesi atau Kepaniteraan Klinik bekerjasama dengan beberapa RS, seperti RSUD Jombang, RS Haji Surabaya, RSUD Gambiran Kediri, RSM Lamongan yang merupakan RS yang semua stase atau bagian mampu diselesaikan (12 stase), sedang RS yang lain adalah RS khusus seperti Jiwa, Forensik dan RSM/A sebagai stase untuk Kedokteran Industri Keluarga Islami.

Kepaniteraan Klinik dikelola bersama antara FKUMM dengan pihak RS dan untuk pelaksanaannya dibentuk BAKORDIK (Badan Koordinasi Pendidikan) yang mengatur mulai dari pelaksanaan kepaniteraan, evaluasi dan pengembangannya. Pendanaan sesuai dengan tingkat kemampuan dari FKUMM, sebab pendanaan yang digunakan dalam kepaniteraan klinik akan dibebankan kembali pada mahasiswa, untuk itu ada pertemuan-pertemuan khusus dengan pihak RS dalam menyikapi besaran pendanaan.

Penjagaan kualitas mutu yang dijalankan di FKUMM dengan jalan dilakukannya ujian OSCE di fakultas, ujian tersebut harus dijalani oleh seluruh mahasiswa setiap selesai menjalani kepaniteraan klinik di tiap-tiap stase atau bagian.

Shared: