Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang

Kunjungan SMAN-I Kertosono di FK UMM

Author : Administrator | Senin, 27 Februari 2012 11:33 WIB
serah terima kenang-kenangan

Kunjungan SMAN-I Kertosono di FK UMM

FKUMM ber diri sejak tahun 2001 dengan jumlah mahasiswa 70 orang dan tahun 2007 telah meluluskan dokter.  Selama sebelas tahun FKUMM telah mendapat kepercayaan dari masyarakat. Setiap tahun terdapat peningkatan jumlah pendaftar siswa yang ingin mencari ilmu di FKUMM,  jumlah pendaftar mahasiswa  tahun yang lalu (th 2011) sejumlah 3000 pendaftar, Namun kemampuan  FKUMM terbatas hanya mampu menerima 150 mahasiswa.
30/1/2012 SMAN I Kertosono melakukan kunjungan ke F
K UMM ingin mengetahui secara detail sistem penerimaan mahasiswa, sistem pembelajaran, serta tingkat kelulusannya. Dekan FKUMM dr.Irma S,M.Kes menyampaikan bahwa ada 3 sistem penerimaan mahasiswa baru yaitu: melalui jalur PMDK (penelusuran minat dan kemampuan melalui nilai rapor saat menempuh smu ), melalui  jalur tulis dua tahap pada gelombang I  dan gelombang II, sedangkan gelombang III tidak dibuka karena sudah memenuhi jumlah mahasiswa per-angkatan. Uji tulis materinya terdiri dari Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Bahasa Inggris dan Psikologi tes
Pembantu Dekan I dr. Meddy Setiawan,SpPD menyampaikan tentang sistem pembelajaran. Tahap akademik FKUMM menggunakan pembelajaran melalui sistem blok yang diselesaikan dalam tujuh semester atau 3,5 tahun, sedangkan pada tahap profesi dilaksanakan selama empat semester atau 2 tahun dengan system kepaniteraan klinik di rumah sakit dan puskesmas, sehingga total pembelajaran diselesaikan selama sebelas semester atau 5,5 tahun.
Pembantu Dekan III dr. Iwan Sis, SpKJ menjelaskan pada siswa SMAN-I Kertosono bahwa menjadi mahasiswa FK tidak hanya melulu belajar dan belajar, sebab banyak mahasiswa FKUMM selain berprestasi secara akademik juga berprestasi dibidang lain seperti basket, menyanyi dan sebagainya. Untuk berhasil menjadi  seorang dokter tidak hanya dibutuhkan kepandaian dan ketekunan, namun diperlukan motivasi yang tinggi dan cita-cita yang harus diwujudkan.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image