Layanan Kesehatan dalam Ekspedisi Zakat Untuk Maluku

Selasa, 22 Mei 2018 10:25 WIB

            Maluku- Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengadakan kegiatan bertajuk “Ekspedisi Zakat untuk Maluku 2018”. Kegiatan bakti sosial ini berupa pembagian solar panel untuk masjid dan gereja, pembagian bantuan untuk sekolah dalam program “Save Our School”, dan pemeriksaan kesehatan. Ekspedisi Zakat untuk Maluku ini terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada April 2018, tahap kedua pada Mei 2018, dan tahap ketiga pada Agustus 2018 medatang.

            Pada Ekspedisi Zakat tahap II ini, Lazismu dan BAZNAS menggandeng tim medis dari UMM, yang terdiri satu orang dokter, yakni dr. Yusrin Aulia dari FK UMM, satu orang perawat yakni Bapak Faqih Ruhyanudin, M.Kep., Sp. Kep. MB yang juga menjabat sebagai Dekan FIKES UMM , dan seorang apoteker, yakni Ibu Mutiara Titani, Apt. M.Sc. dari prodi Farmasi FIKES UMM. Layanan kesehatan ini berupa pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi masyarakat pesisir di pulau-pulau yang jauh dari jangkauan fasilitas kesehatan.

            Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, pada tanggal 11-13 Mei 2018. Layanan kesehatan ini dilaksanakan di dua lokasi yaitu Desa Sepa dan Desa Tawane Wane yang terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah. Pemeriksaan dan pengobatan gratis ini didukung oleh Klinik Apung Said Tuhuleley, Dinas Kesehatan Maluku, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tengah. Layanan kesehatan pada kegiatan yang dipimpin oleh seorang dosen UMY, Dr. Mahli Zainuddin Tago ini telah diberikan kepada kurang lebih 200 orang.

            Selama kegiatan tak sedikit hambatan yang dilewati. Perjalanan harus terlambat karena ombak yang cukup besar dan salah satu mesin kapal cepat tidak berfungsi. Sempat berhenti kurang lebih dua puluh menit di tengah laut, tak membuat tim ekspedisi zakat patah semangat.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar. Semoga kegiatan seperti ini bisa berlangsung seterusnya.” ucap dr. Yusrin. (yna)

 

 

 

Shared: