LOKAKARYA KURIKULUM FKUMM

Senin, 26 Desember 2011 15:40 WIB

Narasumber fari FKUGM menyampaikan materi.

LOKAKARYA KURIKULUM FKUMM

 

Kurikulum FKUMM telah mengalami dua kali perubahan selama sepuluh tahun pada tahun 2004 dan tahun 2007. Kurikulum Inti Pendidikan Dokter Indonesia  (KIPDI)-II penjabarannya dan pelaksanaannya dilakukan pada mahasiswa angkatan pertama 2001/2002, tiga tahun kemudian dilakukan peninjauan ulang kurikulum dikarenakan terdapat tumpang-tindih beberapa topik mata kuliah dalam pengajaran, sehingga dilakukan perbaikan pada beberapa topik yang diajarkan serta menajamkan materi di beberapa mata kuliah, selain itu dirumuskan mata kuliah baru dengan nama mata kuliah Kedokteran Terintegrasi yang mengintegrasikan mata kuliah secara horisontal per semester dengan menggunakan metode pembelajaran problem based learning, dan diajarkan mulai semester satu sd semester delapan. Selain  itu ada mata kuliah baru dengan metode pengajaran menggunakan manekin / skills lab dan mata kuliah tersebut diberi nama Pengantar Klinik yang mengajarkan tentang ketrampilan klinik atau tindakan medis, kurikulum baru hasil lokakarya diterapkan bagi mahasiswa angkatan 2004/2005.

 

Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) tahun 2006 telah mengesahkan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI), sehingga FK-UMM juga menyesuaikan kurikulum dengan SKDI dan mengadakan lokakarya kurikulum pada tahun 2006, hasil lokakarya disepakati untuk menerapkan metode pembelajaran PBL dalam bentuk diskusi tutorial, kuliah pakar, praktikum, skills lab yang mengintegrasikan mata kuliah baik vertikal maupun horizontal. Pelaksanaan pembelajaran pada tahap akademik atau sarjana kedokteran dilaksanakan selama tujuh semester dalam bentuk blok-blok pembelajaran. Keunikan atau ciri khas yang dikembangkan oleh FK-UMM sejak berdiri sampai sekarang masih belum terimplementasikan dengan baik, hanya sebagian kecil dititipkan dalam blok-blok pembelajaran.

 

Implementasi muatan atau ciri khas FKUMM diadakan lokakarya kurikulum dengan nara sumber dari FK-Universitas Gajahmada, dalam lokakarya ini membahas tentang penjabaran materi dalam tiap-tiap blok berupa penjabaran kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa, topik tree, dan learning objective. Yang menarik dalam diskusi hasil yang disampaikan oleh kelompok yang membahas blok elektif yang mengkoaborasi 3 profesi (interproffesional education) yaitu prodi kedokteran, prodi farmasi dan prodi keperawatan

Shared: