Lulus 100%, FK UMM Langsungkan Sumpah Dokter Daring

Senin, 20 April 2020 15:32 WIB

FK UMM kembali meluluskan dokter-dokter baru. Pada periode ini, prosentase kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Pendidikan Dokter (UKMPPD) baik Computer Based Test (CBT) maupun Objective Structured Clinical Examination (OSCE) sangat membanggakan. FK UMM meluluskan 100% first taker dengan jumlah terbanyak yaitu 52 dokter.

Berbeda dari biasanya, kali ini prosesi Sumpah Dokter dilaksanakan secara daring melalui videoconference.  Dekan FK UMM, Dr. dr. Meddy Setiawan, Sp.PD, FINASIM, mengemukakan bahwa di tengah kondisi pandemi ini, kita harus menaati dan mendukung anjuran pemerintah untuk melakukan social dan personal distancing guna mencegah mata rantai penularan Covid-19 yang secara nasional kasusnya terus menanjak. 

“Kita dari akademisi dan institusi kesehatan harus memberi contoh pada masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19 ini.” ucap dr. Meddy.

Sumpah Dokter angkatan 42 periode III ini dilaksanakan pada hari ini, Senin, 20 April 2020. Sumpah dokter ini diikuti oleh 55 dokter baru. Tiga di antaranya hadir di Aula Kampus II UMM sebagai perwakilan, sedangkan yang lain mengucap sumpah melalui videoconference dari rumah masing-masing didampingi oleh orang tua. Tiga dokter perwakilan tersebut menganut agama yang berbeda, sehingga sumpah dokter kali ini dihadiri oleh tiga rohaniawan, yaitu Muslim, Katolik, dan Protestan. Pada kesempatan ini, Wakil Rektor I, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si, turut memberikan ucapan selamat di akhir acara dari kantor beliau. Bapak Wakil Rektor I menyampaikan, mudah-mudahan para dokter baru dapat bermanfaat bagi bangsa, terutama di tengah kondisi seperti ini.

                Selamat kepada para dokter baru! Selamat berjuang dan mengabdi untuk negeri! (yna)

Shared: