PEKERTI DI RS MUHAMMADIYAH LAMONGAN

Sabtu, 23 April 2011 10:58 WIB


 
 

PEKERTI DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN

Dalam upaya peningkatan kompetensi bagi para pembimbing dan penguji kepaniteraan klinik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadyah Malang di RS Muhammadiyah Lamongan, maka diadakannya pembekalan bagi para Dokter RS Muhammadiyah Lamongan sebagai calon pembimbing dan penguji tersebut dengan seperangkat keterampilan dasar agar mampu merancang pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip belajar, mampu melaksanakan pembelajaran secara efektif, dan mampu melakukan evaluasi pembelajaran dengan efektif.

Kegiatan peningkatan keterampilan teknik intruksional bagi dokter pembimbing ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh FK-UMM mengingat RS Muhammadiyah Lamongan belum pernah membimbing dan menguji dokter muda atau sarjana kedokteran, hanya membimbing mahasiswa keperawatan.

Prof. Dr.H.Wahyu Widodo, MS, ketua BKMA (Badan Kendali Mutu Akademik) UMM menyampaikan kegiatan Pekerti ini merupakan kegiatan yang dilakukan bagi seluruh dosen baru UMM, sebagai SIM atau surat ijin mengajar bagi dosen baru, artinya mempunyai kelayakan atau siap menjadi dosen UMM. Dokter bisa menjadi dosen jika mempunyai sertifikat pekerti, dokter mempunyai keilmuan untuk menjadi dokter tetapi dalam pendidikan dokter tidak dilatih menjadi dosen, untuk itu perlu adanya Pekerti. Setelah pekerti harus ditindaklanjuti dengan AA. Kegiatan pekerti ini merupakan kegiatan untuk menjamin mutu pendidikan terutama mutu pendidikan dokter FK UMM.

Materi yang disampaikan pada kegiatan pekerti adalah Grant Theory Pembelajaran, Dasar-dasar Praktik Pembelajaran, Perencanaan  Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Klinik, Tim Teaching Pembelajaran Klinik, dan Evaluasi Pembelajaran Klinik. RSM Lamongan akan membimbing mahasiswa atau dokter muda baru pada Bulan Mei 2011, dan untuk menyamakan persepsi dalam pembelajaran kepaniteraan klinik akan ditindaklanjuti dengan diadakannya Lokakarya kepaniteraan klinik membahas kompetensi dokter di tiap-tiap bagian

Shared: