Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang

Pelatihan Kedokteran Islam

Author : Administrator | Selasa, 27 November 2012 11:05 WIB


Gambar 1 : Pelatihan Kedokteran di FK-UMM
 


Gambar 2 : Mahasiswa dan Dosen Aktif Mengikuti Kegiatan Pelatihan

Selama dua hari FKUMM mengadakan pelatihan kedokteran Islam. Pelatihan ini menghadirkan  narasumber berasal dari Malaysia. Pelatihan ini merupakan program PHK-PKPD. Dalam sambutannya dekan FKUMM dr Irma Suswati M.Kes menjelaskan bahwa nilai nilai keislaman belum dapat diimplementasikan secara exsplisit dalam proses pembelajaran untuk itu  perlu  adanya sharing dengan negara lain seperti Malaysia. Pembantu Rektor I Prof Bambang Widagdo juga menjelaskan keimanan yang utama namun harus ditopang dengan keilmuannya. Apalagi kedokteran awal mulanya berkembang dimulai dari temuan temuan keilmuan kedokteran berasal dari dokter muslim yang berasas pada Alqur'an  dan Assunah.

Presentasi dari Prof Ariff menjelaskan keislaman diintegrasikan mulai dari tingkat awal pada pembelajaran per-blok namun masih diberlakukan pada program undergraduate dan sekarang sedang dipikirkan untuk dilanjutkan pada program postgraduate. Pesannya Iqro' penting dan harus dijadikan kebiasaan sehari-hari, sebab tulisan utamanya yang membahas Islamic medicine dalam jurnal, penelitian tentang keislaman masih sedikit. Value keislaman perlu ditanamkan pada mahasiswa utamanya roh keislaman,  namun yang masih kurang adalah role model yang akan menjadi panutan bagi mahasiswa  

Prof Abdul Rashid juga menjelaskan bagaimana menjadi seorang dosen yang menjadi role model bagi mahasiswa. 

Hasil pelatihan ini diharapkan akan memberikan tambahan bagi fakultas , dosen maupun mahasiswa untuk berperan dan mengimplementasikan nilai nilai islam dalam kehidupan sehari-hari dan dijadikan habit atau kebiasaan..

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image