Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang

PELATIHAN KEDOKTERAN KELUARGA

Author : Administrator | Sabtu, 15 September 2012 15:20 WIB

dr. Danasari FKUI sedang memberikan materi

Diskusi kelompok kedokteran keluarga

Program PHK-PKPD yang dilakukan oleh FKUMM salah satunya mengadakan pelatihan kedokteran keluarga. Pelatihan ini diberikan oleh tim PDKI (Pelatihan Dokter Keluarga Indonesia) FK Universitas Indonesia. Pelaksanaan pelatihan ini selama 5 hari (10 – 14 September 2012) dan diikuti oleh dosen FKUMM, alumni FKUMM, mitra FKUMM (RS Muhammadiyah maupun Dinas Kesehatan / Puskesmas)

Pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi dokter menjadi dokter keluarga. Dr Danasari menyampaikan bahwa dokter keluarga sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan diharapkan dapat disampaikan dan dimasukkan dalam kurikulum pendidikan dokter, seperti yang disampaikan oleh dr. Irma S, M.Kes Pelatihan ini merupakan salah satu cara untuk mencapai Visi-Misi FKUMM, sebab moto FKUMM adalah KIKI yaitu Kedokteran Industri Keluarga dan nilai-nilai Islami, dengan pelatihan ini baik di Fakultas maupun RS tahap profesi dapat mengimplementasikan tentang tahapan diagnostic holistic untuk semua kasus. Pelaksanaannya dilakukan dalam bentuk system blok pada tahap akademik maupun pada kepaniteraan klinik

Banyak manfaat yang diperoleh dari pelatihan ini sebab FKUMM telah mempunyai UMC (UMM Medical Center) sebagai salah satu klinik yang bisa dikembangkan untuk menerapkan model kedokteran keluarga, selain itu perlu dikembangkan home care yang dikelola bersama antara FK, perawat, farmasi dan profesi lain, selain itu FKUMM dapat mengembangkan diri sebagai tempat atau center pelatihan kedokteran keluarga.

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image