Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang

PELATIHAN MCQ-CBT

Author : Administrator | Senin, 16 Januari 2012 13:51 WIB
PELATIHAN MCQ-CBT.

PELATIHAN MCQ-CBT

 

Soal ujian yang harus diikuti oleh mahasiswa FKUMM maupun bagi lulusan dokter saat mengikuti Uji Kompetensi Dokter Indonesia soal-soal ujiannya dalam bentuk pilihan ganda atau MCQ dengan beberapa ketentuan. Soal harus dalam bentuk vitgnette/kasus, ada stem/pertanyaan dan ada pilihan satu jawaban yang paling benar. Soal tidak boleh dalam bentuk pertanyaan untuk mencari kecuali, benar semua atau salah semua dan soal lebih banyak berupa soal analisis.

 

Membuat soal cukup sulit untuk itu FKUMM mengadakan pelatihan tentang pembuatan soal MCQ yang baik kesulitan sedang dan memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi. Selain cara pembuatan soal FKUMM juga mendesain soal MCQ dalam betuk komputerisasi MCQ-CBT. Sehingga saat ujian mahasiswa langsung menggunakan komputer, dan dapat mengetahui hasil ujiannya segera.

 

Dalam sambutannya Dekan FKUMM menjelaskan bahwa pelatihan MCQ-CBT (27/12) ini merupakan pelatihan yang didanai oleh PHK-PKPD, pelatihan tentang tatacara pembuatan soal, seluruh dosen harus mampu membuat  soal yang baik, valid dan reliabel, soal yang baik tersebut akan otomatis masuk dalam bank soal dan soal dapat dikirim ke KB-UKDI Jakarta sebagai soal usulan dari FKUMM yang dapat digunakan sebagai soal nasional UKDI. Selain itu dengan MCQ-CBT dosen maupun fakultas akan mendapatkan feedback tentang dosen yang belum mampu membuat soal maupun mata kuliah atau materi yang belum dikuasai oleh mahasiswa. Sehingga dengan segera dapat diperbaiki proses pembelajarannya.

Peserta pelatihan cukup antusias dalam mengikuti pelatihan ini, dan peserta mengharap ada pelatihan MCQ-CBT kembali, pelatihan tentang tatacara mengupload soal dalam sofeware MCQ-CBT.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image