Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang

Pelatihan Penguji OSCE Nasional di FK-UMM 16 - 17 November 2012

Author : Administrator | Selasa, 27 November 2012 10:35 WIB

Gambar 1 : Prof. Tatong Mempresentasikan Materi Pelatihan
 


Gambar 2 : Suasana Peserta Pelatihan Penguji OSCE Nasional

Komite Bersama Uji Kompetensi Dokter Indonesia (KB-UKDI) merupakan lembaga yang diserahi tugas oleh Konsil Kedokteran Indonesia, AIPKI dan KDI untuk melakukan uji kompetensi yang diberlakukan pada seluruh FK di Indonesia. Uji kompetensi merupakan suatu bentuk evaluasi kesiapan bekerja dan uji kompetensi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu profesi dokter Indonesia, serta mengukur terpenuhinya standart yang diberlakukan baik nasional maupun internasional.

UKDI telah dilaksanakan dengan melalui clinical knowledge (CBT) yang telah berlangsung 24 kali sejak tahun 2007 sampai sekarang, untuk tahun 2013 UKDI akan ditambah dengan clinical skills (OSCE). Ketetapan lulus kompetensi, jika peserta lulus CBT dan OSCE.

Gambaran mutu lulusan UKDI-CBT jumlah dokter yang tidak lulus UKDI sejumlah 7,03% atau 2500 peserta, sedangkan 92,97% lulus UKDI-CBT sejumlah 34.295 orang, untuk UKDI-OSCE masih dalam tahap try-out, tryout sudah dilakukan 3 kali, hasil yang diperoleh yaitu peserta tidak serius saat mengikuti tryout, penguji over estimate, peserta stres dan sebagainya. Tryout OSCE yang ke-4 akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2012. FKUMM ikut dalam tryout OSCE yang diadakan oleh Hpeq DIKTI untuk itu FKUMM mempersiapkan sarana-prasarana maupun SDM atau dosen penguji OSCE.

Sarana-prasana untuk uji OSCE telah dipersiapkan melalui pendanaan program PHK-PKPD Hpeq-DIKTI yang diterima oleh FKUMM, sedangkan untuk dosen sebagai penguji OSCE masih kurang jumlahnya untuk itu FKUMM mengadakan pelatihan penguji OSCE bekerjasama dengan KB-UKDI selama 2 hari di Kampus 2 UMM. Saat pelatihan fasilitator yang hadir dari KB-UKDI dr. Tatong Haryanto, MPH dan dr. Ahmad Dian.

Dekan FKUMM dr. Irma Suswati, M.Kes menjelaskan bahwa FKUMM berupaya untuk menjadi salah satu center OSCE yang digunakan oleh lulusan dokter FKUMM. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh dokter FKUMM dan perwakilan dari FK Universitas Jember.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image