PERESMIAN GEDUNG KULIAH BERSAMA DAN OSCE OLEH MENTERI KESEHATAN RI

Senin, 26 Desember 2011 16:21 WIB

Pengguntingan pita oleh ibu Menkes RI

PERESMIAN GEDUNG KULIAH BERSAMA DAN OSCE OLEH MENTERI KESEHATAN RI

 

Sabtu  24/12 Ibu Menteri Kesehatan RI  dr. Endang Rahayu Sediyaningsih, MPH, Dr, PH meresmikan Gedung Kuliah Bersama dan Gedung OSCE (objective structure clinical examination) Kampus II UMM.  Gedung OSCE merupakan gedung yang digunakan sebagai  tempat ujian untuk mengukur kompetensi klinik yang telah dikuasai bagi mahasiswa kedokteran, Seorang dokter disebut dengan kompeten jika lulus dalam uji kompetensi dokter Indonesia yang sekarang sistem ujinya menggunakan uji tulis MCQ –CBT dan UMM merupakan salah satu senter tempat dilaksanakannya UKDI MCQ-CBT Nasional (FK Univ Jember, FK UnRam, FK Unlam).

 

Tahun 2012 sistem UKDI selain uji tulis juga uji ketrampilan klinik dengan menggunakan OSCE dan UMM juga siap sebagai tempat dilaksanakan UKDI OSCE Nasional, ruang OSCE dan Dosen FK telah dipersiapkan dengan mengikuti pelatihan secara nasiona sebagai penguji dan pelatih pasient simulation

 

Gedung OSCE ini terdiri 15 ruang, yang digunakan untuk OSCE Nasional 12 station, namun di UMM membuat 13 station sedangkan yang 2 ruang untuk operator dan administrasi. Setiap station mengampu salah satu bidang ilmu (penyakit dalam, anak dsb). Ada 1 Station khusus sebagai ciri UMM yaitu station Ibadah, dimana lulusan dokter UMM harus mampu memberikan nilai keislaman dalam merawat pasien: seperti mengajari pasien untuk tayamum atau sholat dalam kondisi berbaring/sakit, mengantar pasien saat nazak/sakaratul maut atau merawat jenazah. Pelaksanaan OSCE di UMM tidak hanya dipergunakan bagi mahasiswa yang mau lulus dokter saja, namun digunakan seluruh angkatan seperti semester-1 juga ada OSCE : anamnesa, mengukur tensi, nadi, advokasi.

 

Dalam kegiatan tersebut ibu Menkes berdialog dengan mahasiswa FK dan FIKES beliaunya menyampaikan bahwa “selesaikanlah dengan segera studi saudara sebab masyarakat menunggu peran serta mahasiswa bidang kesehatan untuk pengabdiaannya” selain itu ibu Menkes juga menyampaikan bahwa jika kita punya tujuan dengan melangkah satu kali berarti kita sudah menjalankan sesuatu untuk mencapai tujuan tersebut dan tentunya langkah satu tadi akan diikuti dengan langkah-langkah berikutnya, langkah kedua, langkah ketiga dan seterusnya dan tujuan tersebut pasti akan tercapai.

Shared: