Pertemuan FK UMM dengan RSUD Jombang Dan RSU HJ Surabaya

Kamis, 13 Oktober 2011 07:50 WIB

Yudisium di RSUD Jombang



Yudisium di RS Hj Surabaya

 

42 Dokter muda FKUMM angkatan ke-XI akan diambil yudisium kelulusan dokter. Untuk menentukan kelulusan Dekanat FKUMM route show ke RSUD Jombang dan RSU Hj Surabaya. Diadakannya pertemuan antara FKUMM dengan RS tujuannya untuk menilai secara keseluruhan dokter muda selama menjalani kepaniteraan klinik baik akademik maupun attitude. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa – Rabu tanggal 11 – 12 Oktober 2011. Pertemuan bersama tersebut merupakan pertemuan yang dapat digunakan untuk memantau proses pembelajaran di FKUMM maupun RS.

 

Kegiatan yudisium dokter muda dilakukan setelah mahasiswa menyelesaikan seluruh bagian kepaniteraan klinik di RS maupun di Puskesmas. Seluruh bagian kepaniteraan klinik yang harus ditempuh mahasiswa FKUMM sejumlah 15 bagian dengan masa tempuh selama 4 semester atau 2 tahun. Sebagian besar peserta yang yudisium merupakan angkatan pertama mahasiswa TA 2005/2006 yang masuk semester 1 pada bulan September tahun 2005 dan menyelesaikan sampai tahap dokter di bulan  oktober 2011 sehingga mahasiswa tersebut menyelesaikannya selama 6 tahun.

 

Pada saat yudisium beberapa dokter RS Hj Surabaya menyampaikan bahwa nilai yang diberikan pada mahasiswa sudah sesuai dengan kinerja keseharian, yang rajin pasti akan mendapatkan nilai baik sedangkan yang tidak rajin pasti mendapatkan nilai yang kurang, oleh karena setiap hari dokter pembimbing memberikan materi-materi penting yang harus dikuasai dan setiap hari dokter pembimbing menguji mahasiswa sehingga mahasiswa harus siap setiap harinya.

 

Dokter RSUD Jombang juga menyampaikan bahwa dokter muda yang diyudisium ini cukup baik attitudenya sehingga tidak bermasalah dalam kesehariannya. Direktur RSUD Jombang juga menyampaikan nilai yang diberikan oleh dokter-dokter RS pasti sesuai dengan keseharian  dokter muda saat menempuh tahap akademik di fakultas.

 

 

Secara keseluruhan hasil yang dicapai oleh dokter muda merupakan cerminan tingkat kemampuan yang telah diberikan pada tahap akademik yang diberikan di semester 1 sampai dengan semester 8. Keilmuan, perilaku dan ketrampilan yang diberikan di tahap akademik merupakan bekal yang harus dikuasai mahasiswa sebelum memasuki tahap profesi. Pada tahap profesi merupakan tempat dimana mahasiswa dapat melihat dan mengetahui aplikasi teori di kehidupan yang nyata sesuai dengan kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang dokter.

Hasil yudisium akan diumumkan pada hari Kamis tanggal 13 Oktober 2011 dan dokter muda yang dinyatakan lulus yudisium dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti uji kompetensi dokter Indonesia yang akan dilaksanakan pada bulan Nopember 2011. dr. Meddy Setiawan Pembantu Dekan I  diakhir pertemuan minta doa restunya agar lulusan dokter Angkatan ke XI dapat lulus UKDI 100%....... amin3x

 

Shared: