Pertemuan Orang Tua Mahasiswa FK UMM

Kamis, 13 Oktober 2011 07:44 WIB

orang tua wali mahasiswa

Keberhasilan studi mahasiswa FKUMM perlu dIdukung dari seluruh pihak. Keberhasilan studi terutama ditentukan oleh mahasiswa, selain itu dukungan dari orang tua, dosen, fakultas, universitas maupun RS. FKUMM telah berupaya dengan maksimal untuk menjaga mutu pendidikan FKUMM. Kegiatan FKUMM dalam menjaga mutu dilakukan dengan selalu melakukan evaluasi kurikulum tiap 4 tahun sekali, evaluasi proses pembelajaran tiap semester dan peningkatan sarana-prasarana fasilitas pembelajaran. Selain itu FKUMM juga mendapatkan Program Hibah Kompetisi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PHK-PKPD) tahun 2011 – 2013.

Mutu pendidikan FKUMM dapat diketahui berdasarkan kelulusan (IPK, masa studi dan kelulusan UKDI), selain itu masa tunggu mendapatkan pekerjaan. Mengingat mutu pendidikan ditentukan dari kelulusan mahasiswa, maka pada tanggal 8 Oktober 2011 FKUMM mengadakan pertemuan orangtua wali mahasiswa dengan jajaran dekanat dan dosen FKUMM. Orang tua mahasiswa yang diundang merupakan mahasiswa angkatan 2007/2008 sampai dengan 2010/2011, menurut dr Irma Suswati, M.Kes Dekan FKUMM pertemuan orang tua ini merupakan pertemuan rutin yang dilakukan oleh fakultas setiap semester ganjil. Tujuan pertemuan ini untuk melibatkan orang tua dalam proses pendidikan serta mencari solusi pemecahan masalah-masalah mahasiswa yang mempengaruhi proses pembelajaran. dr. Sri Adila Nurainiwati, SpKK selaku coordinator dosen wali menyampaikan tidak semua orang tua wali mahasiswa FKUMM yang peduli pada putra-putrinya, sebab dari 80 undangan yang hadir hanya 30 orang, jika putra-putrinya tidak mampu menyelesaikan pendidikan tentunya karena tidak mendapatkan dukungan dari orang tuanya.

Pertemuan orang tua ini ditujukan pada mahasiswa yang mendapatkan IPK atau IP Semester Ganjil/Genap tahun akademik 2010/2011 IP<2, dari hasil pertemuan tersebut sebagian besar menyampaikan selaku orang tua tidak pernah mendapatkan nilai hasil studi, sehingga tidak mengetahui progress pendidikan putra-putrinya, selain itu IPK turun sebagian besar diakibatkan adanya masalah dengan pacar dan masalah motivasi diri. Dengan pertemuan ini orangtua dapat memantau kegiatan pemelajaran putra-putrinya, mahasiswa yang perlu pendampingan dan sebagainya

Shared: