Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang

PROGRAM KERJA FKUMM DAN RSM LAMONGAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DOKTER

Author : Administrator | Rabu, 08 Agustus 2012 09:21 WIB
Rapat Kerja Bersama RSML dan FKUMM


Pertemuan dengan DM RSML

RS Muhammadiyah Lamongan merupakan salah satu wahana kepaniteraan klinik FK UMM. Oleh PP Muhammadiyah RSM Lamongan dipasangkan dengan FKUMM dan diharapkan mampu mengembangkan diri menjadi RS Pendidikan. RSM Lamongan telah terakreditasi 16 pelayanan dasar, sedangkan salah satu syarat menjadi RSP cukup terakreditasi 12 pelayanan dasar. RSM Lamongan pada bulan Juli 2012 telah mengirimkan borang akreditasi untuk dapat di visitasi menjadi RS dengan kualifikasi B.

Setelah menjalani proses penentuan kualifikasi, baru memasuki tahap berikutnya yaitu mempersiapkan diri menjadi RS Pendidikan. Dalam rangka untuk memenuhi persyaratan RSP tersebut maka FKUMM dengan RSM Lamongan membuat program kerja sesuai dengan 9 Konsep Dasar RSP.

9 konsep dasar RSP yang harus dipenuhi yaitu

1. RS  Pendidikan  berfungsi sebagai contoh (pemandu) fasilitas layanan kesehatan yang mengedepankan pelayanan prima kesehatan, keselamatan pasien dan penghargaan terhadap hak-hak pasien/klien/komunitas/masyarakat yang terjangkau, mudah diakses, berkeadilan dan berbasis bukti (evidence based)

2. RS Pendidikan menyelenggarakan pelayanan  terintegrasi untuk masalah lansia (penyakit degeneratif); penyakit akibat perilaku dan budaya; akibat kerja; akibat disparitas pelayanan/geografis; infeksi (termasuk pinere); traumatologi (kecelakaan) dan beyond health (sebagai provider kesehatan dalam universal coverage/SJSN) dan tidak berbasis departemen

3. RS Pendidikan digunakan untuk menghasilkan dokter layanan primer (tingkat dasar) secara holistik/komprehensif untuk menjawab problem kesehatan bangsa Indonesia masa kini dan masa depan dengan menekankan juga aspek promotif dan preventif dalam mencapai MDGs, untuk masalah lansia (penyakit degeneratif); penyakit akibat perilaku dan budaya; akibat kerja; akibat disparitas pelayanan/geografis; infeksi (termasuk pinere); traumatologi (kecelakaan) dan beyond health (sebagai provider kesehatan dalam universal coverage/SJSN)

4. RS Pendidikan merupakan institusi utama yang membina jejaring wahana pendidikan sebagai satu entitas tersendiri yang sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia dan Standar Pendidikan Profesi Dokter, serta Standar Kompetensi tenaga kesehatan lainnya yang dilengkapi dengan sistem IT dan atau visiting dosen klinik dalam rangka koordinasi pencapaian kompetensi sebagaimana butir (1) dan butir (2)

5. RS Pendidikan harus memenuhi profesionalitas inti dari  4 keilmuan klinis dasar (bedah, penyakit dalam, anak dan kandungan) dan 8 keilmuan klinis lainnya (Radiologi, Anestesi, Patologi, Kulit dan Kelamin, THT, Mata, Neurologi dan Psikiatri )

6. RS Pendidikan harus menyediakan real patient yang memadai (jenis dan jumlahnya) dan atau simulasi tentang pasien yang relevan untuk mencapai kompetensi tertentu

7. RS Pendidikan berfungsi sebagai wahana pendidikan bagi tenaga kesehatan dan tenaga non kesehatan lainnya baik di RS maupun jejaringnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang berkelanjutan dan pengembangan profesi berkelanjutan                                                                                    

8. RS Pendidikan merupakan institusi yang berfungsi sebagai pelaksana penelitian translasional dalam rangka pengembangan pelayanan dan pendidikan dokter layanan primer dan tenaga kesehatan lain                                              

9. RSP harus mengutamakan aspek medikoetik dan medikolegal profesi dalam melaksanakan pelayanan dan pendidikan oleh DPJP

 

Setelah rapat bersama menentukan program kerja. Dekanat mengunjungi dokter muda yang menjalani coas di RSM Lamongan. Dialog antara Dekanat dan DM untuk mendapatkan masukan tentang proses pembelajaran yang telah dijalaninya. DM yang menjalani coas di RSM Lamongan tampak semangat walaupun dalam kondisi puasa, semangat untuk mencari ilmu.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image