SEMINAR DAN OLIMPIADE AMYGDALA 2018

Senin, 24 September 2018 11:57 WIB

Departemen Anatomi FK UMM kembali menggelar Anatomy Big Olimpiade bertajuk Amygdala 2018. Tak hanya olimpiade, diadakan pula seminar "Early Detection on GIT Cases Symptoms and Surgery Technique Performed" di GKB 4 Universitas Muhammadiyah Malang. Amygdala yang diadakan ketiga kalinya ini berbeda dari amygdala sebelum-sebelumnya karena Amygdala pertama hanya diadakan dalam lingkup universitas, sedangkan Amygdala kedua se-Malang Raya, dan untuk kali ini perlombaan diadakan dengan skala nasional. Peserta yang mendaftar juga cukup banyak. Hal ini disampaikan oleh Dr. dr. Meddy Setiawan, Sp. PD FINASIM selaku dekan FK UMM yang tidak menyangka peserta yang mengikuti lomba kali ini berasal dari 42 dari 85 Fakultas Kedokteran di Indonesia. 



Acara yang diketuai oleh M. Nurul Jadid, asisten dosen anatomi angkatan 2015, ini berlangsung sejak tanggal 21 September 2018 dengan agenda technical meeting di Hotel Radho. Hari kedua, 22 September 2018, diadakan babak penyisihan yakni tes PPT di GKB 3 UMM dan tes tentamen di laboratorium anatomi UMM.

Hari terakhir pada 23 September 2018, diselenggarakan babak semifinal, final, dan juga seminar. Babak pertama semifinal yang diikuti oleh 8 kontingen ini berupa soal wajib yang harus dijawab para kontingen. Kemudian dilanjutkan dengan babak kedua yaitu pertanyaan rebutan. Pertanyaan semifinal dibacakan oleh dr. Desy Andari, M. Bio.Med. Lima kontingen yang mempunyai nilai tertinggi akan melanjutkan ke babak final. Namun sebelum ke babak final, dilaksanakan seminar terlebih dahulu yang membahas tentang sistem pencernaan dengan moderator dr. Rubayat Indradi, MOH serta dua narasumber yaitu Dr. dr. Meddy Setiawan, Sp. PD FINASIM dengan materi  “Early Symptoms and Syndromes of Gastrointestinal Disease” dan dr. Moch Aleq Sander, Sp. B, M. Kes. FINACS dengan materi “Surgery Technique of Gastrointestinal Disease”.

Setelah seminar, momen menegangkan berikutnya pun dimulai yaitu final Amygdala 2018 dengan dr. Yoyok Subagio. Sp.BS sebagai juri. Setelah melewati beberapa babak yang menegangkan, akhirnya 3 kontingen terbaik berhasil memenangkan pertandingan kali ini. Mereka adalah kontingen dari FK UNS yang berhasil menyabet juara 1,  kontingen dari FK UNDIP sebagai juara 2, dan kontingen dari FK UI sebagai juara 3. Selain menegangkan, momen ini juga menuai decak kagum penonton pada para peserta Amygdala 2018 ini. 

Selamat kepada para pemenang Amygdala 2018. Serta selamat kepada panitia Amygdala 2018 yang sudah berhasil menyelenggarakan olimpiade berskala nasional ini! (yna, sarah)

 

  

Shared: