Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang

SEMINAR PAIN MANAGEMENT

Author : Administrator | Senin, 08 April 2013 07:36 WIB
Narasumber Pain Management


Peserta Seminar

FKUMM mengadakan seminar dengan tema “PAIN MANAGEMENT”  dengan pemateri Prof.Dr.dr. Djoni Djunaedi, SpPD, KPTI, dr. Moh.Bahrudin, SpS,  dan dr. Moch Aleqsander, M.Kes, SpB. Seminar ini ditujukan bagi mahasiswa, dokter muda maupun alumni dokter FKUMM maupun dari FK lainnya.

Dekan FKUMM dalam sambutannya menyampaikan bahwa FKUMM mempunyai unit yang mengelola tentang pengembangan keilmuan yang disebut sebagai CDME (continuing development medical education), kegiatan seminar ini merupakan salah satu kegiatan pengembangan keilmuan dan akan ditindaklanjuti dalam kegiatan lainnya seperti pelatihan skills seperti pelatihan ECG, USG sesuai dengan kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang dokter. Kegiatan ini juga diharapkan dapat digunakan sebagai temu ilmiah bagi alumni

Dr. Bahrudin saat menjelaskan materinya tentang rationale managing neurophathic pain menekankan bahwa untuk mengetahui nyeri harus diketahui terlebih dahulu patofisiologinya. Nyeri dapat berasal dari central maupun pheriper nervus dan  untuk terapinya disesuaikan dengan patofisiologi yang mendasari. Dr. Aleqsander saat menjelaskan tentang Nyeri Kanker, nyeri ternyata tidak hanya berasal dari penyebabnya yaitu tumor/kankernya (80%), namun juga disebabkan karena tindakan prosedur diagnostik (10%) maupun akibat terapi kanker (10%).  Presentasi Prof Djoni menjelaskan bahwa nyeri baru dirasakan oleh penderita jika telah mencapai pain behaviora, terapi yang diberikan harus disesuaikan dengan multimodal mekanisme pain.

Diakhir seminar peserta diminta untuk memberikan saran dan masukan untuk mengembangkan kegiatan CDME FKUMM.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image