Siapkan Akreditasi, FK UMM dan PDK3MI Gelar Simposium Nasional

Sabtu, 28 April 2018 10:36 WIB

FK UMM kali ini bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Kedokteran Komunitas dan Kesehatan Masyarakat Indonesia (PDK3MI) Pengurus Cabang Regional V (Jawa Timur, Bali, NTB, BTT) mengadakan Simposium Nasional dan Workshop dengan tema “Mutu dan Akreditasi Tempat Praktik Dokter”. Simposium ini diadakan pada tanggal 27 April 2018, sedangkan workshop pada tanggal 28 April 2018.

Acara yang diketuai oleh dr. Febri Endra B. S., M.Kes ini dihadiri oleh kurang lebih 160 peserta dari berbagai daerah seperti Bali, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara. Acara ini dimeriahkan juga oleh penampilan tari saman, kemudian dibuka oleh Bapak Wakil Rektor II UMM, Bapak Nazaruddin Malik, M.Si. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama antara FK UMM yang diwakili oleh Bapak Dekan, Dr. dr. Meddy Setiawan, Sp.PD, FINASIM, dengan PDK3MI yang diwakili oleh Ketua PDK3MI PC Regional V, dr. Subur Prajitno, MS.AKK, FISPH., FISCM.

  

Simposium nasional yang diadakan di Akasia Ballroom Sava Hotel Malang ini dibagi menjadi dua sesi, masing-masing sesi terdiri dari lima materi dan dua sesi diskusi. Meskipun materi sangat padat, para peserta tetap antusias mengikuti simposium ini karena tema yang diangkat sangat menarik dan materi-materi tersebut dibutuhkan oleh dokter maupun tenaga kesehatan lain yang memiliki tempat praktik. Yang unik dari simposium ini adalah semua materi diberikan kepada peserta dengan cara mengunduh lewat scan QR code.

Hari kedua dilanjutkan dengan workshop pelatihan klinik dan pelatihan praktik dokter mandiri. Para peserta dibagi menjadi sepuluh kelompok yang masing-masing harus berdiskusi untuk membuat standar pelayanan operasional (SPO) baik di klinik maupun praktik dokter mandiri. SPO tersebut diantaranya, SPO Panduan Praktik dan Ketrampilan Klinik, SPO Rekam Medis, Rujukan, dan Persetujuan Tindakan Kedokteran, SPO Holistik Komprehensif, dan SPO Manajemen Keselamatan Pasien.

Tak hanya workshop, ada pula presentasi oral hasil penelitian dan poster yang sudah pernah dibuat oleh peserta. Nantinya, penelitian dan poster yang lolos akan dipublikasikan di jurnal kedokteran FK UMM, yaitu Saintika Medika. Penilaian presentasi oral dan poster diberikan oleh tiga juri, yaitu, dr. Anung Putri Ilahika, M.Si, dr. Dwi Nurwulan Pravitasari, SP.KK, dan dr. Risma Karlina P, Sp.S.

Serangkaian acara symposium nasional dan workshop ini berjalan dengan lancer berkat kerja keras para panitia, yaitu dosen dan staff FK UMM.

“Terima kasih kepada semua panitia yang sudah bekerja keras sehingga acara ini berjalan dengan lancer” - dr. Rubayat Indradi, M.OH. (yna)

Shared: