Silaturrahmi dan Evaluasi antara FK UMM dengan RS Jejaring Untuk mencetak dokter-dokter yang berkompeten

Senin, 07 Januari 2019 09:55 WIB

 

Menindak lanjuti acara Tripartit yang dilaksanakan pada April 2018, di awal tahun 2019 ini FK UMM menyelenggarakan Rapat Kerja Konsolidasi dan Silaturrahmi dalam rangkan Evaluasi Kegiatan Kepaniteraan Klinik 2018 dan Sosialisasi Buku Panduan dan Modul Kepaniteraan Klinik FK UMM. Acara ini dihadiri oleh direktur dan perwakilan tiap bagian stase dari rumah sakit pendidikan utama, yaitu RSU Haji Surabaya, dan seluruh rumah sakit jejaring, yaitu:

  1. RSUD Jombang
  2. RS Muhammadiyah Lamongan
  3. RSUD Gambiran Kediri
  4. RS Bhayangkara Kediri
  5. RSM Siti Khodijah Sepanjang
  6. RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang
  7. RSJ Menur Surabaya
  8. RS Bhayangkara Porong
  9. RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan
  10. RSUD dr. Soedomo Trenggalek

 

Acara yang dilaksanakan di Klub Bunga Butik dan Resort ini berlangsung selama dua hari pada tangga; 5-6 Januari 2019.  Acara ini dibuka langsung oleh Dr. Nazarudin Malik, M.Si selaku Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Malang. Sebelum memasuki acara inti, dilakukan penandatanganan MoU antara FK UMM dan RSU Haji Surabaya dengan RS Muhammadiyah Lamongan, RSUD Gambiran Kediri, dan RS Bhayangkara Kediri sebagai rumah sakit jejaring. Serta penandatanganan pengesahan buku panduan dan modul kepaniteraan klinik oleh FK UMM, RSU Haji Surabaya, dan seluruh rumah sakit jejaring.

Masuk kedalam susunan acara inti, Acara pertama diawali dengan pembahasan Evaluasi Nilai UKMPPD oleh dr. Ruby Riana Asparini, Sp. BE-RE. Dalam pembahasan pertama ini, Nilai UKMPPD dari mahasiswa yang mengikuti kepaniteraan klinik di rumah sakit jejaring dibandingkan prosentasenya. Dari hasilnya tidak diperoleh perbedaan yang signifikan terhadap hasil UKMPPD mahasiswa dari masing-masing rumah sakit. Rata rata hasil nilai tertinggi diperoleh mahasiswa yang mengikuti kepaniteraan klinik di RS Bhayangkara Kediri.

Kemudian sosialisasi buku panduan kepaniteraan klinik dan juga modul oleh masing masing bagian stase dilanjutkan dengan diskusi yang dimoderatori oleh dr. Moch. Bachrudin, Sp.S. Penjelasan, maksud, dan beberapa masukan juga kritik diterima untuk berjalannya proses pengesahan modul pegangan konsulen untuk mahasiswa Kepaniteraan Klinik FK UMM. Acara inti dicukupkan pada sore hari kemudian dilanjutkan denganGala Dinner sebagai bentuk dari silaturrahmi para dosen FK UMM dan pendidik klinis dari masing-masing rumah sakit.

Dengan berlangsungnya acara ini diharapkan program kepaniteraan klinik di masing-masing rumah sakit menjadi setara dan lebih baik sehingga dapat mencetak dokter-dokter yang kompeten. (yna)

 

Tim reporter: Volks Medico

Foto: Obscura Medico 

Shared: