Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang

TRACER STUDY ALUMNI

Kuesioner Fakultas Kedokteran

Universitas Muhammadiyah Malang

 

    Fakultas Kedokteran Universitas Muhammmadiyah Malang (FK UMM) telah menjalankan kegiatan pendidikan sejak tahun 2001 dan menjalankan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sejak tahun 2007. KBK memiliki arti bahwa kurikulum disusun berdasarkan kompetensi yang ingin dicapai. Berdasar pada Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) dan Standar Profesi Dokter Indonesia yang disahkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) yang mengalami perubahan dari SKDI 2006 menjadi 2012, maka  proses pembelajaran di FK UMM memuat 7 area kompetensi utama, yaitu: (i) Profesionalitas yang Luhur, (ii) Mawas Diri dan Pengembangan Diri, (iii) Komunikasi Efektif, (iv) Pengelolaan Informasi, (v) Landasan Ilmiah Ilmu Kedokteran, (vi) Keterampilan Klinis, (vii) Pengelolaan Masalah Kesehatan. Area kompetensi utama dan kompetensi pendukung tersebut diintegrasikan ke dalam sistem pembelajaran blok.

    Implementasi KBK memerlukan landasan yang kuat agar proses pembelajaran dapat membantu mahasiswa mencapai kompetensi lulusan yang diharapkan. Landasan tersebut berupa blue-print KBK. Langkah awal dalam penyusunan kurikulum/blue-print KBK adalah identifikasi kebutuhan kompetensi lulusan (need assessment). Langkah tersebut akan dilakukan dalam kegiatan tracer study ini. Hasil identifikasi dapat digunakan untuk mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan kurikulum yang ada saat ini sebagai bentuk upaya redesign blue-print KBK. Blue-print KBK yang baik dapat menjadi landasan pelaksanaan KBK yang baik. Landasan  implementasi KBK yang baik berdampak pada proses pembelajaran yang lebih baik dan hasil belajar mahasiswa yang lebih baik.

    FK UMM dan telah meluluskan alumni yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dari waktu ke waktu, FK UMM senantiasa berupaya melakukan evaluasi, memperbaiki kurikulum dan metode pembelajaran yang diterapkan. Hal tersebut dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas lulusan hingga dapat memenuhi kompetensi yang diharapkan. Dengan demikian, setiap lulusan FK UMM semestinya dapat bekerja di tempat kerjanya masing-masing dengan kinerja yang baik dan memuaskan.

    Salah satu model evaluasi yang dilakukan FK UMM adalah dengan meminta pendapat dari para lulusan FK UMM mengenai kompetensi yang diperoleh selama mengikuti pendidikan di FK UMM. Sdr/i terpilih sebagai salah satu lulusan FK UMM yang diharapkan berkontribusi terhadap proses evaluasi yang dilakukan FK UMM. Partisipasi Sdr/i dalam proses evaluasi ini adalah sukarela dan jawaban yang anda berikan bersifat rahasia dan hanya akan digunakan sebagai bahan evaluasi FK UMM. Oleh karena itu, kami mohon kesediaan Sdr/i untuk mengisi kuesioner berikut. Kejujuran Sdr/i dalam mengisi kuesioner ini sangat kami hargai.

Apabila terdapat hal-hal yang ingin dikonfirmasi, Sdr/i dapat menghubungi dr. Gita Sekar Prihanti MPdKed melalui nomor 0818534071 atau melalui email gitasp_4@yahoo.com.  Kami mengucapkan terima kasih banyak atas partisipasi Sdr/i dalam evaluasi ini.

Dekan FK UMM

 

 

 

 dr. Irma Suswati, M.Kes

 

 

  Kuesioner Alumni FK UMM silahkan Klik disini 

Kuesioner Stake Holder

Shared: