Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Malang

BedsideTeaching (BST)

1.  Persiapan BST

Tujuan BST

Dokter muda mampu melakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik, mempraktekkan, mengusulkan atau menginterprestasikan pemeriksaan penunjang, menegakkan diagnosis, mengusulkan rencana penatalaksanaan, melakukan edukasi/ konseling, menerapkan nilai-nilai profesionalisme kepada pasien; dan melakukan proses penalaran klinis yang tepat.

TugasDokter Muda:

a.  Meminta Bedsite teaching kepada Pembimbing.

b.  Di bagian yang ada penilaian mini CEX, BST dilakukan sebelum mini CEX dilakukan sebagai kegiatan persiapan, dan setelah mini CEX dilakukan sebagai kegiatan tindak lanjut memperbaiki keterampilan klinik yang masih kurang.

TugasPembimbing BST

Menjadwalkan BST di Rawat inap atau rawat atau instansi gawat darurat.

2.   Pelaksanaan BST.

Tugas Dokter muda

Saat berinteraksi dengan pasien (di depan pasien):

1.  Melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik, atau keterampilan prosedur serta mempraktekkan prinsip-prinsip komunikasi di bawah pengawasan dan bimbingan Pembimbing BST.

a.  Memperhatikan contoh pemeriksaan yang dilakukan pembimbing

b.  Melibatkan pasien atau keluarga pasien, dan hindari menjadikan pasien sebagai objek pasif pembelajaran.

2.  Setelah atau saat tidak berinteraksi dengan pasien (tidak di depan pasien):

a. Menjelaskan interpretasi data dari anamnesis dan pemeriksaan fisik, menetapkan masalah atau diagnosis dan diagnosis banding; menjelaskan alasannya; serta mendiskusikannya dengan pembimbing BST.

b. Mengusulkan, menjelaskan tujuan dan mendiskusikan pemeriksaan penunjang (jika diperlukan), penatalaksanaan (termasuk jika diperlukan konsultasi/rawat bersama dengan Bagian lain dan rehabilitasi), edukasi/konsultasi pasien dan nilai-nilai profesioanalisme dengan pembimbing BST.

c.  Meminta dan memperhatikan feedback dan pengajaran dari pembimbing.

d.  Mencatat feedback dan pengajaran yang diterima selama BST pada lembar kegiatan BST

e.  Meminta tanda tangan dan mengisi lembar evaluasi BST

Tugas Pembimbing BST:

Saat berinteraksi dengan pasien (di depan pasien):

a.  Meminta, mengobservasi dan membimbing pelaksanaan anamnesis, pemeriksaan fisik, atau keterampilan prosedur serta penerapan prinsip-prinsip komunikasi terhadap pasien

b.  Melibatkan pasien atau keluarga pasien, dan hindari menjadikan pasien sebagai objek pasif.

 

Setelah atau saat tidak berinteraksi dengan pasien (tidak di depan pasien)

a.  Menanyakan dan mendiskusikan interpretasi data anamnesis dan pemeriksaan fisik, kemungkinan diagnosis dan diagnosis banding serta menan akan alasan yang mendukung.

b.  Mendiskusikan pemeriksaan penunjang (jika ,diperlukan) penatalaksanaan termasuk jika diperlukan konsultasi/rawat bersama dengan bagian lain dan rehabilitasi), edukasi/konsultasi pasien, dengan meminta penjelasan dokter muda tentang alasan atau tujuan dari usulan yang disampaikan, juga mendiskusikan nilai-nilai profesionalisme,

c.  Memberikan feedback positive dengan menguatkan keterampilan dokter muda yang sudah benar beserta alasannya.

d.  Mengoreksi dan memberikan saran terhadap keterampilan dokter muda yang masih salah beserta alasannya.

e.  Memberikan pengajaran dengan menyampaikan prinsip-prinsip umum yang harus diingat dokter muda jika menghadapi masalah pasien yang sama.

f.  Menandatangani lembar kegiatan BST dokter muda.

Shared: