ANTUSIASME MAHASISWA FK UMM SAAT KULIAH TAMU DARI SPANYOL

Senin, 11 Juli 2022 21:39 WIB   Fakultas Kedokteran

Pada tanggal  5 Juli 2022, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang melangsungkan kuliah tamu dengan pemateri yang datang dari Spanyol yaitu Mr. Eduardo Pons-Fuster Lopez, PhD. Kuliah tamu ini mengangkat tema “ Guest Lecturer : Musculosceletal Trauma and Pain Management”. Tema ini diambil menyesuaikan dengan narasumber yaitu Mr Eduardo yang merupakan salah satu Assisten Profesor di Bagian Departemen Anatomi Humaniora dan Psikobiologi, Universitas De Murcia, Spanyol. Acara ini merupakan Program Erasmus dan Teaching Staff Mobility dari Universitas Muhammadiyah Malang

          Kuliah tamu ini terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama adalah pemberian materi sesuai tema yaitu tentang Anatomi Musculoskeletal, Jenis Trauma Muskuloskeletal, dan Manajemen Terapinya yang diadakan di Ruang Kuliah !V di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang. Acara ini dimulai dari jam 09.00 WIB dan dihadiri oleh beberapa Mahasiswa Angakatan 2019 hingga 2021. Mereka sangat antusias mengikuti kuliah tamu ini. Terlihat dari jumlah peserta yang datang saat kuliah tamu cukup banyak dan mereka sangat menikmati acara terutama saat sesi Quiz yang dibuat seperti game oleh Mr Eduardo. Saat sesi tanya jawab pun banyak Mahasiswa antusias mengajukan beberapa pertanyaan yang langsung ditanyakan kepada Narasumber.

Salah satu pertanyaan yang menarik datang dari Iqbal, Mahasiswa Angkatan 2019 “Is there any traditional treatment when someone has a broken bone? because in Indonesia most people will take massage treatment or use herbal plant treatments for medicine instead of the hospital” ( Apakah ada pengobatan tradisional ketika seseorang mengalami patah tulang? karena di Indonesia kebanyakan orang akan membawa ke sangkal putung atau terapi herbal daripada di rumah sakit). “ In Spain traditional medicine such as herbs exist but maybe not as much as in Asia’s. In an emergency they will go straight to the hospital because their health is guaranteed by the government” ( Di Spanyol pengobatan tradisional/herbal ada tapi mungkin tidak sebnayak di Asia. Dalam keadaan gawat darurat mereka akan langsung ke Rumah Sakit karena pengobatan/ kesehatan mendapat jaminan dari Pemerintah).

Setelah acara pemberian materi yang dilanjutkan pemberian cindra mata atau kenang-kenangan oleh dr Yoyok Subagyo selaku Penasehat maupun Kepala Bagian Kerja Sama Internasional FK UMM selesai, acara berpindah ke sesi kedua yaitu kunjungan di Laboratoium Anatomi yang terletak di kampus utama Universitas Muhammadiyah Malang. Kunjungan ini merupakan pengenalan Laboratorium Anatomi maupun pembelajaran Anatomi secara langsung melalu Cadaver dan diseksi Cadaver Bersama dengan salah satu Dosen Penanggung Jawab Anatomi, dr Anung Putri Illahika, M.Si yang juga merupakan Ketua Panitia dalam Acara Guest Lecturer. Acara ini turut dihadiri oleh Dekan dan Wakil Dekan 1 Fakultas Kedokteran, Dr.,dr., Meddy Setyawan, Sp PD., FINASIM dan Dr.,dr Ruby Riana, Sp. BP-RE (K). Dalam pelaksanaan diseksi beliau juga dibantu dengan para Asisten Laboratorium Anatomi. Rangkaian acara ini  berakhir pukul 14.00 WIB dimana Mr Eduardo Pons- Fuster Lopez, PhD menyampaikan pesan untuk para Mahasiswa agar terus semangat dalam belajar dan berharap suatu saat mereka bisa mengunjungi Universitas De Murcia. Tak lupa beliau sangat berterima kasih atas penyambutan dan antusiasme selama acara.

Shared: