FK UMM-Disnakertrans Jatim MoU Keselamatan-Kesehatan Kerja

Selasa, 09 Januari 2024 06:17 WIB

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (FK UMM), kemarin (8/1) melakukan tanda tangan kerja sama MoU dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur. Disampaikan oleh Ketua Continuing Development Medical Education (CDME) FK UMM, Dr. dr. H. Febri Endra Budi Styawan, M.Kes, FISPH, FISCM, mengatakan MoU secara garis besar adalah pada kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat bagi dosen dan mahasiswa FK UMM pada bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (k3).

Menurut dokter Febri, dengan terlaksananya MoU FK UMM dengan Disnakertrans Provinsi Jawa Timur diharapkan akan berlanjut adanya kerja sama dengan Disnakertrans di wilayah Kota/Kabupaten serta dengan Industri khususnya di Jawa Timur.

FK UMM-Disnakertrans Jatim MoU Keselamatan-Kesehatan Kerja 1
Foto bersama FK UMM dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur

Perjanjian kerja sama yang disepakati akan dilaksanakan selama tiga tahun dan bisa diperpanjang setelah evaluasi. Hal ini menjadi penting, ungkap dokter Febri, mengingat bahaya atau potensial hazard bisa menimpa siapapun dan dimanapun termasuk lingkungan kerja.

Dokter Febri menginginkan di setiap perusahaan pada bagian manajemen dan P2K3 memahami, mencegah, dan memiliki strategi pengendalian penyakit akibat kerja (PAK).

“Bagi civitas akademika FK UMM dapat belajar serta menerapkan di lapangan (industri) secara langsung terkait analisis dan penatalaksanaan PAK. Lebih jauh, diharapkan dapat memberikan sumbangsih secara nasional terkait kesehatan kerja dalam hal diagnosis dan tatalaksana komprehensif PAK di Indonesia,” ujar dokter Febri.

FK UMM-Disnakertrans Jatim MoU Keselamatan-Kesehatan Kerja 2
Pemberian cinderamata

Dalam kesempatan yang sama, Dekan FK UMM, Dr. dr. Meddy setiawan, SpPD, FINASIM, hadir menandatangani MoU dan memiliki harapan yang sama dari kerja sama yang dibuat. Kesepakatan ini akan menguntungkan kedua belah pihak dan tentunya membawa kebermanfaatan kepada masyarakat. Sektor kesehatan di lingkungan kerja menjadi satu hal yang penting diseriusi.

“Adanya kerjasama antara FK UMM dengan Disnakertrans Provinsi Jatim  selalu bersinergi dalam program-program penelitian dan pengabdian di bidang kedokteran industri  sesuai VMTS. Selain ini FK UMM berkontribusi dalam penanggulangan dan pencegahan PAK di lingkungan perusahaan,” ucap dokter Meddy. (humas fk umm/hamara)

Shared: