KUNJUNGAN MUNAS AFKSI 2022

Senin, 11 Juli 2022 21:44 WIB   Fakultas Kedokteran

Jajaran Dekanat Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (FK UMM) baru – baru ini menghadiri Musyawarah Nasional Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (MUNAS AFKSI) yang dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 1 -3 Juli 2022 di Lombok dengan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar ( FK UNIZAR ) sebagai pelaksana sekaligus tuan rumah. Acara ini turut mengundang 255 orang delegasi yang berasal dari 51 Institusi FK Swasta Se-Indonesia yang tergabung di dalam AFKSI. Aacar ini juga mengundang Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P serta Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc selaku Gubernur Provisi NTB sebagai bintang tamu sekaligus pemateri.

 MUNAS AFKSI merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh AFKSI yang bertujuan untuk mengevaluasi capaian kinerja yang telah dilaksanakan dalam 2 tahun berjalan. Dalam kegiatan MUNAS AFKSI juga akan dilakukan pemilihan ketua AFKSI untuk periode 2 tahun kedepan. Sehingga diharapkan, dalam menjalankan fungsinya AFKSI akan dapat berkinerja dengan lebih efektif dan efisien dengan hasil yang diharapkan. Selain itu MUNAS AFKSI juga menjadi ajang silaturahmi antar institusi yang bertujuan meningkatkan solidaritas, kerjasama, dan saling support antar institusi

          Acara MUNAS AFKSI tahun ini  merupakan acara yang tertunda 1 tahun akibat pandemi Covid-19. Tentunya penundaan ini dimaksudkan agar pelaksanaan MUNAS dapat berjalan secara aman, nyaman, efektif dan efisien, sehingga tujuan dan marwah dari suatu Musyawarah Nasional dapat terwujud. MUNAS AFKSI kali ini mengusung tema “Back to the basic, Heart-Based Education as fundamental aspect in medical education”. Dekan FK UNIZAR, Dr. dr. H. Artha Budi Susila Duarsa, M.Kes mengungkapkan sesuai tema acara, beliau percaya bahwa pendidikan yang baik dan berkualitas, terlebih pendidikan kedokteran, haruslah berlandaskan hati nurani, tidak hanya mendidik dan mencerdaskan secara “knowledge” tetapi juga membangun “soft skills” dan kesadaran hati nurani dari peserta didik dan segenap civitas akademika dengan semangat yang penuh empati dan cinta kasih.

Dalam rangkaian kegiatan Musyawarah Nasional ini FK UNIZAR juga berusaha mengenalkan salah satu cabang dari ilmu kesehatan dan kedokteran yang jarang dibahas dan diangkat, tetapi memiliki pengaruh dan peran sentral terutama dalam era globalisasi, serta sebagai komponen dalam kemajuan suatu negara tujuan pariwisata seperti Indonesia, yaitu Kesehatan Pariwisata. Tujuan acara ini dilaksanakan tidak hanya terpusat kepada tujuan formal dari suatu musyawarah organisasi, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan soliditas, solidaritas, kerjasama, saling menunjang, saling mengisi antar Institusi Fakultas Kedokteran Swasta se-Indonesia. Semoga dengan pertemuan ini Pendidikan Kedokteran di Universitas Swata bisa berjalan dengan baik serta dapat menyesuaikan dan beradaptasi sesuai kemajuan zaman.

Shared: