PMM 69 UMM Latih Siswa SDM 6 Malang Membuat Puding Susu

Senin, 04 Maret 2024 23:13 WIB


Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok Kelompok 69 Gelombang 3 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) populer disebut PMM 69 UMM adalah program pengabdian masyarakat bertujuan untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Tim PMM 69 UMM memilih mitra pengabdian SD Muhammadiyah 6 Malang, di Desa Mergosono, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur.

PMM 69 UMM merupakan sarana mahasiswa (https://umm.ac.id/) menyalurkan ide dan dan berbagai kegiatan positif ke masyarakat, Kegiatan PMM UMM untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang.

PMM 69 UMM Latih Siswa SDM 6 Malang Membuat Puding Susu 1
Suasana edukasi PMM 69 UM kepada siswa SDM 6 Kota Malang tentang makanan bergizi.

PMM kelompok 69 UMM beranggotakan mahasiswa Fakultas Kedokteran dari jurusan Pendidikan Dokter UMM terdiri atas nama Fahri Rizal Fitriansyah, Nazwa Dwi Karina, Aulia Sabrina Maharani, Deddy Rifki Pramudya H, dan Ardelia Kalila Mahsa dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Zainal Arifin, SE, MSI.

Dipilihnya SD Muhammadiyah 6 Malang sebagai tempat melaksanakan program kerja (proker) PMM 69 UMM karena SD tersebut karena merepkan para siswa membawa bekal dari rumah. Sehingga mengurangi siswa untuk membeli jajanan sembarangan tanpa pengawasan dari orang tua siswa ataupun dari guru. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kecukupan gizi pada makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk menjaga pertumbuhan.

PMM 69 UMM Latih Siswa SDM 6 Malang Membuat Puding Susu 2
Edukasi dari PMM 69 UMM tentang makanan bergizi.

Pertumbuhan tubuh yang optimal merupakan keinginan setiap orang, akan menjadi kekhawatiran orang tua bila anaknya memiliki pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan teman seusianya. Hal yang umum apabila menginginkan pertumbuhan yang optimal, maka diperlukan konsumsi gizi yang cukup.

Oleh karena itu, PMM 69 UMM memberikan edukasi pada siswa kelas 2 dan 3 SDM 6 Malang untuk mengerti makanan apa yang dikonsumsi dapat memenuhi kebutuhan gizi.

PMM 69 UMM edukasi siswa agar dapat memenuhi kebutuhan gizi sehari-harinya. Materinya  salah satu contoh jajanan yang bergizi agar para siswa tidak jajan sembarangan. Karena maraknya jajanan yang kurang sehat bisa memberikan dampak bagi kesehatan.

Salah satu jajanan bergizi pudding susu. PMM 69 UMM memberikan edukasi cara pembuatan dan kandungan yang terdapat dalam pudding tersebut, dengan harapan para siswa dapat mencontoh dan mengaplikasikannya di rumah.

Selain pembuatan pudding susu, PMM 69 UMM juga mengadakan bercerita tentang hobi maupun cita-cita dengan para siswa, harapannya dapat berbagi pengalaman dan memberi motivasi siswa SD Muhammadiyah 06 Malang untuk terus semangat belajar dan menggapai cita-cita mereka.

PMM 69 UMM Latih Siswa SDM 6 Malang Membuat Puding Susu 3
Siswa SDM 6 Malang menikmati puding susu makanan bergizi.

PMM 69 UMM sebelum mengakhiri proker menggelar makan bersama dengan para siswa sekaligus memberikan contoh nyata makanan yang baik yang cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi.

Pada kegiatan penutupan disampaikan kesan kesan dan rasa terimakasih oleh Ibu kepala sekolah SD Muhammadiyah 6 Malang. Sementara PMM 69 UMM memberikan kenang kenangan plakat karena telah diizinkan melaksanakan program PMM 69 UMM.

Harapannya dapat memberikan kepahaman pentingnya memenuhi kebutuhan gizi sehingga menjadikan para siswa pertumbuhan optimal dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Karena pertumbuhan tubuh yang memiliki batasan usia, sehingga perlu menjadi perhatian khusus agar memiliki pertumbuhan yang optimal. (rilis: pmm 69 umm gelombang 3)

Shared: