PMM 89 UMM Edukasi Siswa SDN Tulungrejo 03 PHBS-Kesehatan Reproduksi

Kamis, 29 Februari 2024 02:27 WIB

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan pengaplikasian Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). PMM kelompok 89 gelombang 4 PMM Bhaktiku Negeri 2024 atau PMM 89 UMM  menjalankan program kerja sekitar satu bulan di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

PMM 89 UMM Edukasi Siswa SDN Tulungrejo 03 PHBS-Kesehatan Reproduksi 1
Penyerahan cinderamata oleh tim PMM 89 UMM.

Salah satu proker PMM 89 UMM  edukasi kesehatan reproduksi remaja dan PHBS di SD Negeri Tulungrejo 03 Desa Sumberbrantas. Edukasi terkait kesehatan reproduksi remaja dikhususkan kepada siswa perempuan  kelas 4, 5, dan 6 SDN Tulungrejo 03. Edukasi ini bertujuan agar siswa SDN 03 Tulungrejo mengerti pentingnya pengetahuan kesehatan reproduksinya.

Materi yang disampaikan meliputi pengertian dasar reproduksi remaja, cara menjaga kebersihan reproduksi, serta pengenalan tanda-tanda pubertas beserta cara menangani permasalahannya. Dalam kegiatan ini, siswa SDN 03 Tulungrejo antusias mengikuti topik PMM 89 UMM karena materi ini sesuatu yang baru bagi mereka dan berkaitan dengan kondisi anak seusianya.

PMM 89 UMM Edukasi Siswa SDN Tulungrejo 03 PHBS-Kesehatan Reproduksi 2
Siswa perempuan SDN Tulungrejo 03 antsuias mengikuti edukasi kesehatan reproduksi remaja oleh tim PMM 89 UMM.

Para siswa aktif bertanya dan menjawab topik yang dibahas. Tim PMM 89 UMM juga mengapresiasi peserta yang menjawab ataupun bertanya pada sesi presentasi.

Selain edukasi mengenai kesehatan reproduksi, PMM 89 UMM juga menyampaikan materi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)  kepada peserta yang berbeda. Materi PHBS kepada siswa kelas 2 dan kelas 3 SDN Tulungrejo 03. Para siswa sangat antusias dan aktif dalam tanya jawab. Materi meliputi cara mencuci tangan dengan baik, dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

PMM 89 UMM Edukasi Siswa SDN Tulungrejo 03 PHBS-Kesehatan Reproduksi 3
Siswa SDN SDN Tulungrejo 03 antusias mengikuti proker PHBS.

Harapannya dari dua materi yang sudah disampaikan PMM 89 UMM siswa SDN Tulungrejo 03 dapat lebih peduli dengan kesehatan dan kebersihan lingkungan. (rilis: pmm kelompok 89 gelombang 4 umm)

Shared: