PMM 91 UMM Proker PHBS di TK ABA 10 Kota Malang, Cek Kesehatan-Olah Limbah Plastik

Rabu, 21 Februari 2024 23:24 WIB

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah kelompok 91 gelombang 8 (PMM 91) dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA)  10, Jalan Tumenggung Suryo No. 5, Rampal Celaket, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Dipilihnya TK ABA 10 Kota Malang belum adanya program khusus mengajarkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat)  selain membuang sampah pada tempatnya.

PMM 91 UMM Proker PHBS di TK ABA 10 Kota Malang, Cek Kesehatan-Olah Limbah Plastik   1
Tim PMM 91 UMM ketika edukasi cara mengolah limbah plastik jadi karya kreatif.

Kegiatan PMM 91 UMM untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) (https://umm.ac.id/). Kegiatan ini wajib diikuti mahasiswa aktif UMM. Tim PMM 91 UMM beranggotakan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran UMM terdiri atas Arvantio Nurizza Sasongko, Dinar Ukhti Azelia, Yudhistira Satria Wicaksono, Zalfa Iftinan Mulya Sari, dan Garel Sigareta Putra Diksa sebagai koordinator. Sementara didampingi oleh Mahar Faiqurahman, S.Kom, MT, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Menurut Garel Sigareta Putra Diksa proker PMM 91 UMM mengusung tema pentingnya perilaku hidup sehat. Perilaku hidup sehat ini disosialisasikan serta edukasi sejak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau TK. Harapannya saat dewasa bisa menjadi kebiasaan menghindarkan dari sikap buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan.

Tujuan dari kegiatan ini agar siswa TK ABA 10 dan masyarakat sekitar daerah tersebut dapat memahami dan menerapkan perilaku hidup sehat dalam keseharian mereka. Banyak hal yang dapat dikategorikan sebagai penerapan hidup sehat. Dalam pelaksanaannya PMM 91 UMM edukasi siswa TK ABA 10 tentang mencuci tangan, apa saja makanan sehat, dan bagaimana menyikat gigi serta pembiasaan cuci tangan untuk menghindari kontaminasi asing yang nantinya bisa mempengaruhi kesehatan.

PMM 91 UMM Proker PHBS di TK ABA 10 Kota Malang, Cek Kesehatan-Olah Limbah Plastik   2
Tim PMM 91 UMM dari Fakultas Kedokteran UMM ketika baksos cek kesehatan warga setempat.

Khususnya cuci tangan dilakukan sebelum makan dan sebelum menyentuh bagian tubuh termasuk wajah. Sebab tidak pernah mengetahui bakteri dan kuman apa saja yang bisa menempel di tangan setelah menyentuh sesuatu. Untuk itu cuci tangan sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan tangan.

Materi edukasi makanan sehat, seluruh siswa dijelaskan mengapa perlu memakan makanan sehat dan makanan apa saja yang termasuk makanan sehat dan juga tidak sehat. Makanan sehat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak supaya pertumbuhan tidak terhambat.

Dalam edukasi tentang menyikat gigi, seluruh siswa diajarkan alasan perlu menyikat gigi dan cara menyikat gigi yang benar. Sikat gigi perlu dilakukan agar tidak ada sisa makanan dan kuman yang besarang di gigi. Apabila menyikat gigi tidak dilakukan secara teratur, dampak bagi kesehatan adalah gigi bisa berlubang dan menyebabkan sakit gigi.

Saat berlangsungnya program ini, siswa tampak sangat bersemangat, ditunjukkan dengan seluruh siswa ikut mempraktikkan tahapan cara cuci tangan, dan menyikat gigi saat video diputar.

Program lain PMM 91 UMM praktik mengolah limbah sampak plastik menjadi kerajinan. Kegiatan ini bertujuan mengasah kreativitas siswa dalam mengolah bahan bekas. Selain itu, kegiatan ini juga mengajarkan pada murid pentingnya menjaga lingkungan dari hal-hal yang dapat mencemarinya dengan cara mengolah atau mendaur ulang limbah yang sudah tidak terpakai.

PMM 91 UMM Proker PHBS di TK ABA 10 Kota Malang, Cek Kesehatan-Olah Limbah Plastik   3
PMM 91 UMM foto bersama dengan guru, siswa TK ABA 10 Kota Malang.

Limbah yang menumpuk dan tidak diolah dapat mengotori lingkungan dan akhirnya menyebabkan masalah kesehatan. Hasil dari kerajinan tersebut dapat digunakan untuk menghias sekolah dan ada pula yang dibawa pulang oleh siswa.

Selain itu, PMM 91 UMM juga melakukan senam bersama, bersih lingkungan, dan bakti sosial. Bakti sosial yang dilakukan berupa tes kesehatan gratis yang meliputi pengecekan tekanan darah, gula darah, asam urat, dan juga kolesterol. Bakti sosial ini dilakukan kepada seluruh guru dan juga masyarat daerah di sekitarnya.

Setelah hasil pengecekan keluar, mereka juga diedukasi hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan yang berhubungan dengan tekanan darah, gula darah, asam urat, dan juga kolesterol dan dampaknya yang akan terjadi apabila kadar indikasi di atas tidak dalam batas normal.

Melalui program-program yang sudah dilaksanakan oleh PMM 91 UMM diharapkan seluruh siswa TK ABA 10 dan masyarakat sekitar dapat menerapkan hal-hal yang sudah diajarkan pada kehidupan mereka sehari-hari sehingga tingkat kesehatan daerah tersebut menjadi lebih baik daripada sebelumnya. (rilis: pmm 91 UMM gelombang 8)

Shared: