Kurikulum

Pengaturan fase pembelajaran KBK di PS Pendidikan Dokter UMM dijabarkan menjadi 2 tahap yaitu : Tahap Akademik dan Tahap Profesi

TAHAP AKADEMIK

  1. Fase 1 tentang pendidikan umum (general education) dilakukan pada blok 1 di semester satu untuk mencapai ketrampilan dan sikap dasar yaitu ketrampilan pembelajaran sepanjang hayat, ketrampilan-ketrampilan generik dan sikap peduli terhadap lingkungan/masyarakat, sehingga mahasiswa diharapkan mampu memahami profesi dokter sesuai dengan etika kedokteran, keislaman, humaniora dan hukum kedokteran serta mempraktekkan ketrampilan belajar sepanjang hayat, sesuai dengan kompetensi dokter umum
     
  2. Fase 2 tentang sistem normal dilakukan pada blok 2 semester 1 sampai dengan blok 7 semester 3 berupa pendidikan terintegrasi horizontal maupun vertical, agar mahasiswa mampu menguasai dasar-dasar ilmu biomedik baik secara makro maupun mikro terkait dengan fungsi normal tubuh manusia; mampu mempraktekkan pemeriksaan dan prosedur medis pada tubuh normal manusia dan memahami nilai-nilai Islam yang berhubungan dengan fungsi tubuh  manusia,
     
  3. Fase 3 tentang proses sehat-sakit dilakukan pada blok 8 semester 3 sampai dengan blok 10semester 4 berupa pendidikan terintegrasi horizontal maupun vertical, agar mahasiswa mampu memahami konsep terjadinya kelainan akibat gangguan genetik, infeksi, imunitas, endokrin, neoplasma dan atau degenerasi; memahami masalah kesehatan yang timbul dari berbagai penyebab mencakup lingkungan fisik, biologis, kimia, sosial budaya, lingkungan industri dan sistem pelayanan kesehatan dan pemecahannya menggunakan pendekatan kedokteran industridan keislaman ; dan mampu mempraktekkan ketrampilan komunikasi interpersonal (mitra dan masyarakat), pemeriksaan medis dan prosedur medis sehingga dapat mencapai kompetensi ketrampilan-ketrampilan menjelaskan dan menanggulangi masalah pasien dan masyarakat secara ilmiah.
     
  4. Fase 4 tentang fase riset dilakukan pada blok 11semester 4 berupa blok metodologi penelitian agarmahasiswa mampu memahami hakekat penelitian terkait dengan pengembangan ilmu kedokteran; mampu menyusun  proposal penelitian dengan mempertimbangkan aspek etika penelitian; mampu melakukan analisis kritis makalah untuk menunjang praktek kedokteran berbasis bukti (EBM); dan mampu melakukan komunikasi sehubungan dengan penelitian dan presentasi proposal,
     
  5. Fase 5 tentang gangguan kesehatan dan lingkungan berisi keluhan dan penyakit pada sistem abnormal dilakukan pada blok 12semester 5 sampai dengan blok 21 semester 7, agar mahasiswa mampu mengenali gangguan kesehatan dan melakukan manajemen terhadap penyakit berbagai organ dan gangguan akibat lingkungan industri; melakukan manajemen trauma serta kegawatan dengan pendekatan kedokteran keislaman dan juga melakukan pembelajaran kolaboratif.
Shared: