Program Studi di FK UMM

Program studi di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang meliputi Program Studi Pendidikan Dokter (PPD) dan Program Studi Profesi Dokter (PSPD). Dalam tahap studi pendidikan dokter, mahasiswa belajar dengan model kurikulum spiral yang dirancang dari kemampuan pengetahuan dan keterampilan yang sederhana kemudian belajar untuk kemampuan dan keterampilan yang lebih tinggi serta lebih kompleks. Pada program pendidikan dokter ini terbagi menjadi beberapa blok dalam setiap smesternya dan pada setiap blok mahasiswa mengimplementasikan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Program studi pendidikan dokter akan ditempuh mahasiswa selama 7 semester atau 3,5 tahun akademik.

Berikut adalah gambaran suasana pembelajaran di laboratorium Patologi Anatomi. Mahasiswa dibimbing oleh dokter pakar di bidang masing-masing saat praktikum maupun pembelajaran lainnya.

Sedangkan untuk Program Studi Profesi Dokter (PSPD), mahasiwsa akan melalui beberapa tahap profesi, yaitu kepanitraan klinik umum, kepaniteraan klinik utama, dan kedokteran klinik terintegrasi. Pada tahap profesi ini mahasiswa akan melalui rotasi klinik 20 stase dengan lama profesi 94 minggu. Dalam program profesi ini, mahasiswa akan menjalani pembelajaran di rumah sakit pendidikan utama dan rumah sakit jejaring dari FK UMM.